Yamaha Dituntut Hadirkan Swingarm Deflector

Valentino Rossi menyarankan Yamaha segera menghadirkan si ‘Sayap Sendok’ di M1. Kehadiran Swingarm Deflector diyakini bisa mengatasi masalah Yamaha selama ini.

Usai protes ‘sayap sendok’ Ducati yang akhirnya dimenangkan pabrikan Italia itu, tidak perlu menunggu lama, tim lain akhirnya segera meniru. Honda sudah memakai swingarm deflector di Argentina, namun Yamaha belum merespon.

Padahal, tim pertama yang menggunakan sayap sendok ini justru mereka saat balapan basah Valencia musim lalu. Namun, ketika Ducati mengaplikasikannya di Qatar dalam balapan kering, Yamaha tidak ikut memprotes.

swingarm deflector

Akhirnya, setelah drama lewat pengadilan, regulasi yang ada memang tidak melarang pemakaian part tambahan itu dengan syarat punya fungsi seperti yang tertuang di regulasi. Celah ini yang digunakan Ducati.

Dan, jelang GP Jerez Valentino Rossi mulai menekan Yamaha untuk ikut memasang sayap sendok di M1. Rossi berpendapat part itu akan membantu Yamaha mengatasi masalah yakni ban yang cepat aus, cepat panas, dan berimbas pada munculnya spin di roda belakang saat melakukan akselerasi keluar tikungan.

Rossi nampaknya telah mengambil kesimpulan bahwa sayap sendok akan sangat berguna bagi Yamaha. Apalagi kini lawan terdekat mereka, Suzuki sudah mampu lebih baik di sektor akselerasi, padahal konfigurasi mesin mereka sama, V4 Inline. Swingarm deflector jika dipakai di Yamaha M1 jelas bisa membuat temperatur permukaan ban belakang turun karena dihembus angin khusus.

swingarm deflector

“Saya memberikan tekanan kepada Yamaha Untuk mendapatkan Part serupa. Saya berharapkita bisa mencoba. Itu Hanya Komponen kecil, Namun saya rasa dapat sedikit membantu dan saya harap bisa memperolehnya nanti di musim ini karena kami butuh terus bekerja,” ujar Rossi kepada motorsport-total dilansir dari tmcblog.com (22/4/2019).

swingarm deflector

Ya, bersiaplah perang swingarm deflector akan makin panas!

Advertisements