Aprilia Siapkan Swingarm Deflector di Jerez?

Menjadi inisiator protes terhadap swingarm deflector Ducati, Aprilia kini nampaknya akan mengikuti jejak tim Borgo Panigale itu. Perangkat akan diperkenalkan di Jerez.

Aprilia tampaknya akan menjadi pabrikan MotoGP ketiga yang menggunakan perangkat swingarm, pada pembukaan seri Eropa di Jerez akhir pekan depan.

Pabrikan Italia telah menghentikan pengembangan perangkat selama musim dingin. Hal itu dilakukan setelah tidak akan diizinkan jika tujuannya adalah downforce.

Tetapi ketika Ducati kemudian meluncurkan desain serupa untuk ‘pendinginan ban’, Aprilia bergabung dengan Honda, Suzuki dan KTM untuk memprotes keputusan tersebut.

swingarm deflector

Protes ditolak, Ducati berhasil membuktikan swingarm deflector bisa menurunkan suhu ban 7 derajat dan hanya untuk kenaikan downforce kecil. Kondisi yang mendorong Honda untuk ikut menggunakannya (dengan alasan kekakuan swingarm) selama latihan di Austin.

Aprilia kemudian mencoba perangkatnya selama tes privat COTA pasca-race. Tim Noale telah mengkonfirmasi kepada crash.net (24/4/2019) bahwa perangkat tersebut kemungkinan dipasang di RS-GP selama akhir pekan MotoGP Spanyol, atau tes resmi pasca-balapan.

swingarm deflector

Aprilia akan menurunkan tiga RS-GP di grid di Jerez. Pembalap penguji Bradley Smith mendapatkan wild-card keduanya tahun ini.

Sementara itu, Valentino Rossi telah mendesak Yamaha, satu-satunya pabrikan yang tidak terlibat dalam protes Qatar, untuk merancang perangkat serupa. Mereka berasumsi Suzuki dan KTM juga sedang mengembangkan perangkat tersebut.

Advertisements