Ternyata Bahu Marquez Belum 100% Pulih, Gokil!

Dr. Michele Zasa menceritakan soal pemulihan cepat Marc Marquez dari operasi bahu. Juga kapan sang juara dunia bertahan akan pulih sepenuhnya.

Diwawancara crash.net (2/5/2019), dokter Zasa menyebut operasi yang dilakukan Marquez termasuk operasi serius. Cedera bahu yang dialaminya sangat serius dan sering terjadi saat latihan. Dislokasi begitu sering itu berarti ada kerusakan serius dan relevan dari struktur tulang.

Jika dibiarkan, maka akan fatal. Marquez bisa tidak mampu lagi mengendarai motor balap. Sehingga langkah melakukan operasi besar di bulan Desember 2018 lalu merupakan keputusan yang tepat.

bahu marquez

Hebatnya, 3 bulan kemudian Ia bisa langsung sangat kompetitif di seri pembuka Qatar. Ia nyaris memenangi duel dengan Andrea Dovizioso, padahal kondisinya belum 100%.

Jika bukan karena kesalahan di Austin, Ia akan mendapatkan awal musim yang fantastis jelang GP Spanyol di Sirkuit Jerez. Pasalnya, di Argentina Ia mendominasi balapan untuk mencetak kemenangan.

Pemulihan Yang Cepat

Lalu, dengan jenis cedera seperti Marquez dan operasi yang dilakukannya, sebenarnya berapa lama kondisinya akan pulih sepenuhnya?

“Dari sudut pandang biologis untuk kembali ke kondisi normal, itu akan memakan waktu enam bulan. Tetapi orang awam mungkin membutuhkan dua hingga tiga bulan hanya untuk dapat melakukan kehidupan normal sehari-hari mereka, yang tidak menggunakan sepeda pada kecepatan 300 km / jam,” ujar dokter Zasa.

“Tetapi jika Anda melakukan MRI ke bahu Marc sekarang mungkin tidak akan 100%. Dia masih perlu enam bulan untuk menjadi 100% yang kita targetkan.”

“Tetapi hal positif yang dilakukan olehnya adalah dia melakukan sesi rehabilitasi intensif selama dua bulan.”

bahu marquez

Ya, selama masa rehabilitasi atau psioterapi selama 5 jam sehari bersama fisioterapis dari Clinica Mobile, Carlos J. Garcia. Demi mendukung kesembuhan cepat Marquez, Garcia bahkan harus pindah ke Cervera, tempat tinggal Marquez.

Jadi, sebenarnya hingga Austin kemarin kondisi bahu Marquez belum benar-benar pulih 100% ya. Tapi, performa yang ditampilkannya sejak Qatar kemarin tidak nampak kalau Ia sedang pemulihan. Gaspol!


Advertisements