Terungkap, Alasan Yamaha Tidak Ikut Protes Ducati

Bos tim Monster Energi Yamaha, Lin Jarvis, menjelaskan alasan Yamaha tidak ikut arus memprotes ‘sayap sendok’ Ducati. Mereka berharap di masa depan masalah semacam itu diselesaikan di MSMA

Selepas seri pembuka MotoGP musim ini, publik disuguhi drama di luar trek. Empat pabrikan memprotes perangkat swingarm deflector Ducati yang disebutnya ilegal karena menghasilkan aerodinamika.

Ketika Honda, Suzuki, KTM dan Aprilia ‘mengeroyok’ Ducati, keterlibatan Yamaha menjadi terkenal karena ketidakhadirannya. Ya, Yamaha menjadi satu-satunya tim pabrikan yang tidak ikut protes.

Ternyata, menurut Jarvis, pihaknya merasa tidak cukup yakin untuk bergabung dalam kubu pemrotes. Yamaha merasa perangkat tambahan itu tidak cukup kuat alasannya untuk diprotes.

yamaha tidak ikut protes

Kepada crash.net (1/5/2019), Jarvis mengungkapkan bahwa melakukan protes akan memiliki konsekuensi ke depannya.

“Membuat protes adalah langkah yang cukup berani untuk dilakukan dan itu memiliki konsekuensi juga. Ini memiliki konsekuensi publik karena Anda membuat pernyataan, Anda bergerak, Anda membayar biaya protes dan menjalankan program Anda,” ujar Jarvis.

“Ada saat-saat lain ketika Anda tidak melakukannya dan Anda berkata, ‘Lakukan apa yang ingin Anda lakukan’. Kami menghormati aturan dan kami menghormati hasil dari diskusi ini. Saya pikir ini adalah proses yang mungkin di masa lalu, dan mudah-mudahan di masa depan akan dibahas dalam MSMA, bukan dibuka ke ranah publik.”

“Jadi ada berbagai cara untuk menyelesaikan masalah yang berbeda dan kami memilih untuk tidak menempuh rute (protes) itu.”

Pertanyaannya, Kenapa Tidak Diselesaikan di MSMA?

Ketika 4 tim memutuskan mengajukan protes, alih-alih diselesaikan di MSMA, Jarvis menyebutnya tindakan yang berani dan agresif. Ia merasa seharusnya hal itu dilakukan di MSMA. Keenam pabrikan diberikan kesempatan untuk menyuarakan keprihatinan khusus mereka, sebelum mengumumkan protes kepada publik.

yamaha tidak ikut protes

“Pertanyaannya adalah mengapa itu tidak diangkat dalam MSMA,” kata Jarvis. “Jika telah dinaikkan dalam MSMA dan kesepakatan yang harmonis belum ditemukan, oke, kamu bisa membawanya ke level lain. Kami belum benar-benar mencoba menyelesaikannya di MSMA terlebih dahulu.”

Oo… jadi mereka tidak benar-benar membahasnya di MSMA dulu, langsung protes gitu? Baru tahu… Tapi, mungkin mereka melakukan itu karena sudah kesel banget kali ya dengan ‘ulah’ Gigi Dall’Igna yang sering mencoba menguji batas-batas regulasi.

Jadi, itu tho alasan yamaha tidak ikut protes ke Ducati. Mereka ternyata lebih senang hal itu tidak diangkat ke ranah publik.

Advertisements