MotoGP Spanyol: Rossi Terancam Q1, Petrucci Tercepat

ktm indonesia

Marc Marquez tercepat di FP1, namun di FP2 Danilo Petrucci ganti terkencang. Yang parah, Valentino Rossi terlempar dari top 10.

MotoGP Spanyol dilangsungkan di Sirkuit Jerez. Valentino Rossi adalah raja di sini. Sudah 7 kali the doctor menang di sirkuit sepanjang 4,4 km ini. Kemenangan terakhirnya tahun 2016 silam.

Namun, di musim ini nampaknya the doctor harus berjuang ekstra keras di Jerez ini. Di hari pertama latihan bebas, Rossi terpuruk di luar top 15.

motogp spanyol

Dilansir dari motogp.com (3/5/2019) di FP1, Rossi terlempar di posisi 18 dengan jarak nyaris 1,5 detik dari Marquez sang pemuncak. Sedikit membaik di FP2, namun masih di luar zona Q2, Rossi di peringkat 14 berjarak 0,772 detik dari Petrucci.

Overall, Rossi hanya di posisi 16 dengan best laptime 1:38,681.

motogp spanyol

FP1

The dream team Honda mulai unjuk gigi di latihan pembuka. Jorge Lorenzo mulai bisa mengimbangi performa sang partner. Ia sukses mengekor Marquez di posisi kedua dengan 1:38,045 atau hanya berjarak 0,124 detik saja dari sang juara bertahan di puncak. Marquez menjadi satu-satunya pembalap yang menembus barrier 1:38.

motogp spanyol

Di sesi ini, Maverick Vinales menjadi rider Yamaha terkencang. Nampaknya latihan bebas memang menjadi makanan empuk top gun nih, sering menjadi rider Yamaha tercepat, namun tiba-tiba hilang saat balapan.

Di sesi ini penampilan impresif juga ditunjukkan pembalap Jepang, Takaaki Nakagami. Ia tercepat keempat dengan 1:38,134 mengungguli Andrea Dovizioso dan rookie Fabio Quartararo. Jack Miller ketujuh, Petrucci kedelapan. Franco Morbidelli dan Alex Rins melengkapi 10 besar.

FP2

Di sesi latihan bebas petang, giliran Duo Ducati yang mendominasi. Petrucci dan Dovizioso memuncaki sesi. Petrucci mengikuti jejak Marquez dengan menembus batas 1:38, tepatnya 1:37,909. Laptime ini menjadikannya pembalap tercepat overall hari pertama.

motogp spanyol

Cal Crutchlow dan Marquez mengekor di posisi ketiga dan keempat. Vinales kelima sedikit lebih cepat dari rookie paling impresif sejauh ini, Fabio Quartararo.

Penampilan cukup impresif ditunjukkan pembalap wild card Honda, Stefan Bradl. Pembalap Team HRC itu menempati posisi ketujuh, lebih baik dari Nakagami (P8), Lorenzo (P9) dan rookie lainnya, Francesco Bagnaia (P10).

MotoGP Spanyol hari kedua akan dilangsungkan besok Sabtu dengan agenda latihan bebas ketiga sekaligus penentu 10 pembalap tercepat ke Q2.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.