Serba Pertama Bagi Pole Sitter di Jerez

Fabio Quartararo memang menjadi sosok utama lakon kualifikasi MotoGP Spanyol tahun ini, namun di kelas lainnya sejarah baru juga tercipta bagi para pole sitter.

Penampilan sensasional Fabio Quartararo di kualifikasi MotoGP Spanyol, Sabtu (4/5/2019) menghadirkan sejumlah rekor. Salah satunya ini adalah pole pertama sang rookie di kelas primer.

Sejatinya, bagi Quartararo raihan pole bukanlah yang pertama. Dua musim di Moto3, Ia dua kali meraih pole. Ditambah sekali pole di kelas Moto2.

pole pertama

Namun, Quartararo tidak sendirian. Menurut laman motogp.com (5/5/2019) ada dua pembalap lainnya di kelas Moto2 dan Moto3 yang juga baru saja menorehkan sejarah baru di karir masing-masing, pole pertama di kelasnya. Siapa saja?

Moto3

Lorenzo Dalla Porta hanya unggul 0,004 detik dari Tatsuki Suzuki di kualifikasi Moto3. Namun, itu sudah cukup membuat pembalap Italia itu girang. Sebab itulah torehan pole perdana pembalap Leopard Racing sepanjang karirnya.

pole pertama

Memulai karir di Moto3 sejak tahun 2015, Lorenzo telah 57 kali start. Hasil terbaiknya adalah ketika meraih kemenangan di Misano tahun lalu. Namun, pole di Jerez adalah pole pertamanya sejak debut.

Moto2

Peraih pole di Moto2 Jerez tahun ini adalah Jorge Navarro. Pembalap Spanyol ini sukses mengalahkan Alex Marquez yang harus puas start kedua dengan gap 0,019 detik saja. Inilah pole perdana pembalap HDR Heidrun Speed Up itu.

pole pertama

Musim ini merupakan tahun ketiga Navarro di kelas Moto2. Lima musim di Moto3, Navarro sama sekali belum pernah meraih pole. Namun, Ia sudah pernah dua kali menang di Moto3 Catalunya dan Aragon 2016 silam.

Pun demikian sejak naik kelas ke Moto2 tahun 2017, performa Navarro bisa dibilang biasa saja. Raihan terbaiknya adalah finish kelima di Austria 2018 lalu. Musim ini, kualifikasi di 3 seri sebelum Jerez juga biasa saja. Ke-12 di Qatar, ke-11 di Argentina dan ke-6 di Austin.

Dinamis dan Penuh Kejutan

Jadi, khusus Jerez tahun ini para peraih pole di 3 kelas berbeda diraih oleh 3 pembalap yang sama-sama baru merasakan pole perdana.

Tapi, serba pertama peraih pole di 3 kelas berbeda ini (lagi-lagi) bukanlah yang pertama. Tahun lalu, Argentina menjadi saksi bagaimana Jack Miller (MotoGP), Xavi Vierge (Moto2) dan Tony Arbolino (Moto3) melakukan hal serupa.

Mungkin ini salah satu alasan kenapa balap grand prix MotoGP paling digemari penduduk bumi, dinamis dan penuh kejutan!

Advertisements