Bad Sunday Para Rookie MotoGP

Hanya Miguel Oliveira yang berhasil menyelesaikan balapan di Jerez. Namun, itu juga tidak cukup untuk ‘mengangkat’ nasib para rookie.

Dua crash, 1 technical problem dan finish di luar zona poin, jelas menjadikan hari Minggu sebagai hari yang buruk untuk para rookie MotoGP.

Berbanding terbalik dengan sehari sebelumnya dimana para rookie meraih hasil luar biasa. Dimulai dengan penampilan sensasional rookie Yamaha, Fabio Quartararo.

Quartararo meraih pole position sekaligus mencatatkan sejarah sebagai pembalap termuda di grid terdepan. Ia meraihnya di usia 20 tahun 14 hari, memecahkan rekor Marc Marquez 20 tahun 62 hari.

Sementara itu, rookie Suzuki, Joan Mir dengan nyaman menempati posisi kelima di akhir FP3 dan melaju ke Q2. Di kualifikasi kedua itu, Mir menempati posisi 12.

Tidak mau kalah dengan rookie lainnya, Francesco Bagnaia, juga impresif. Kendati harus memulai kualifikasi dari Q1, Ia dengan dramatis berhasil melaju ke Q2 dengan menyingkirkan sang mentor, Valentino Rossi di detik akhir sesi.

Mungkin, penampilan rookie paling biasa adalah Miguel Oliveira. Debutan asal Portugal itu ‘hanya’ menduduki posisi 22 di akhir kombinasi sesi latihan bebas ketiga. Ia akhirnya start kedua dari belakang, hanya lebih baik dari sang partner di KTM Tech 3, Hafizh Syahrin.

bad sunday

Bad Sunday

Namun, semua peruntungan mereka sirna di balapan Minggu. Dimulai dengan crash yang menimpa Pecco Bagnaia. Dengan 19 lap tersisa, pembalap Italia itu melakukan kesalahan saat mencoba menyalip Pol Espargaro. Ia terjatuh.

Tujuh lap kemudian, sang pole sitter menyusul Pecco. Saat tengah bertarung di zona podium, Quartararo mengalami masalah teknis dengan motor. Yamaha M1-nya mengalami kerusakan. Persneling pecah dan akhirnya memupus akhir pekan impian. Ia DNF.

Bencana belum berakhir bagi para rookie. Joan Mir, debutan Suzuki, pun mengalami nasib serupa dengan Pecco. Hanya lima lap tersisa, Mir yang tengah bertarung di top 10 mengalami crash. Mimpi meraih poin sirna.

bad sunday

Satu-satunya rookie yang beruntung adalah Oliveira. Beruntung bisa menyelesaikan balapan, namun tidak bisa dibilang berhasil karena Ia finish ke-18. Finish terburuk sejak debut di Qatar dan gagal menambah poin.

Lengkap sudah drama para rookie. Sayangnya drama yang dibuat berakhir dengan kesedihan. Bad Sunday bagi para rookie di Jerez.

bad sunday

Source: motogp.com

Advertisements