Jerez Test: Quartararo Pecahkan Rekor Lagi!

Sang rookie mempertajam rekor pole hampir setengah detik yang diraihnya di kualifikasi MotoGP Spanyol akhir pekan lalu. Ia tercepat di hari pertama tes resmi Jerez, Senin (6/5/2019).

Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) kembali tampil menawan di Jerez. Di hari pertama tes resmi hanya sehari setelah nasib buruknya di balapan Minggu, Quartararo mencetak fastest lap sekaligus memecahkan rekor laptime sebelumnya. Jerez Test Day 1.

Pada tes hari Senin (6/5/2019), rookie asal Prancis itu mencetak 1:36,379. Ia lebih cepat 0,418 detik dari Cal Crutchlow di tempat kedua. Sedangkan Franco Morbidelli menempati posisi ketiga berjarak 0,714 detik dari sang partner.

Laptime yang dicetak Quartararo di hari pertama tes resmi ini memecahkan rekor pole dan all time lap record Jerez yang dibuatnya di kualifikasi Sabtu lalu. Kala itu pembalap yang akhirnya gagal finish gegara technical problem mencetak 1:36,880.

jerez test

Quartararo tidak melakukan pengujian part baru, kecuali bagian dalam suspensi depan. Ia ditargetkan mendapatkan jam terbang makin banyak bersama M1. Sedangkan, Morbidelli yang mencetak 1:37,093 menguji paket aero baru yang hanya dipakai pembalap tim pabrikan.

Sedangkan, dua pembalap utama Yamaha menguji perangkat elektronik yang membantu koneksi throttle. Vinales menyelesaikan sesi di tempat keempat, sedangkan Rossi hanya ke-17.

Honda Ujicoba Sasis Karbon

Kabar bagus bagi Marc Marquez dan Jorge Lorenzo, namun bisa menjadi ‘bencana’ bagi para rival. Honda melakukan pengujian sasis karbon yang tentunya lebih ringan. Dengan sasis saat ini saja Marquez mendominasi, apalagi karbon ya. Ngeri!

jerez test

Marquez mencetak fastest lap 1:37,260 dan membuatnya di posisi 7. Sedangkan sang partner, Lorenzo diharapkan menemukan kenyamanan baru dengan RC213V. Ia mendapatkan jok baru dan menyelesaikan sesi sebanyak 91 lap.

Lorenzo mengakhiri sesi di peringkat 9 dengan 1:37,466 dan sempat dua kali terjatuh di tikungan 7 dan tikungan 6 sebelumnya.

Crutchlow sedang mencoba beberapa kopling elektronik untuk membantu pengaturan start-nya. Pembalap Inggris itu menyelesaikan 78 lap untuk finis kedua, dengan rekan setimnya Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) finis kesepuluh tercepat. Pembalap Jepang itu sempat crash di T3 akhir sesi.

Busy Day Pol Espargaro

Pol Espargaro mengalami hari yang sibuk di hari pertama ini. KTM menguji bagian-bagian sasis, pengaturan sasis dan bagian-bagian mesin. Manajer Tim Mike Leitner mengatakan mereka harus menunggu sampai Le Mans untuk melihat apakah bagian-bagian tersebut benar-benar membuat perbedaan atau tidak.

Sementara itu, Johann Zarco tercepat ke-16. Pembalap Prancis itu menguji coba knalpot spek pabrik di RC16-nya.

Suzuki Uji Coba Swingarm Deflector

Joan Mir tampil tercepat keenam. Sang rookie mencoba set up baru yang disesuaikan dengan gaya ridingnya. Pembalap Spanyol itu sempat mengalami kecelakaan di tikungan 9.

Sedangkan runner up Jerez, Alex Rins, mendapatkan tugas mengujicoba ‘swingarm deflector’. Sayang, Ia berakhir ke gravel dan perangkat anyarnya itu mengalami kerusakan. Rins mencetak 1:37,275 yang menempatkannya di posisi ketujuh.

Tidak Ada Part Baru Ducati

Andrea Dovizioso tampil sebagai pembalap Ducati tercepat di hari pertama ini. Namun, Ia hanya menempati posisi 11 overall. Ia dan sang partner, Danilo Petrucci, tidak menguji coba part baru.

Di Jerez Test kali ini, keduanya mencoba set up baru yang tidak digunakan saat balapan akhir pekan lalu. Dovi mencetak fastest lap 1:37,601 sedangkan Petrucci 1:37,720.

jerez test

Aprilia Tanpa Iannone

Andrea Iannone tidak bisa melakukan uji coba setelah masih cedera usai terjatuh di FP4 Jerez lalu. Aprilia kemudian menurunkan Aleix Espargaro dan Bradley Smith.

Aleix ngaspal lebih awal dengan beberapa part baru. Ia menghabiskan 80 lap. Sedangkan Smith melahap 82 putaran untuk menambah jam terbang dengan RS-GP.

Jerez Test Result Day 1

jerez test

Source: motogp.com

Advertisements