Mesin Baru KTM Lebih Kencang, Tapi Ini Kendalanya!

Pol Espargaro diberi kesempatan untuk menguji konfigurasi mesin baru KTM di Jerez. Tetapi untuk pengenalan spesifikasi baru masih akan ditunda.

Ya, spesifikasi baru mesin RC16 masih belum bisa diumumkan. KTM masih menunggu prototype itu benar-benar bisa diandalkan.

Pol berhasil menempati posisi keempat di hari pertama Tes Jerez. Ia mencetak 1:37,114 berjarak 0,735 detik dari Fabio Quartararo sang pemuncak. Di tes itu, Pol menggunakan prototype mesin baru KTM RC16 dengan penyesuaian sasis.

KTM memang punya keuntungan untuk terus mengembangkan mesin barunya. Status konsesi yang diperolehnya memungkinkan hal itu terjadi. Setiap pembalap KTM memiliki 9 mesin selama satu musim ini. Namun, Pol mendapat keistimewaan untuk mencoba semua konfigurasi mesin yang ada.

“Saya sangat senang karena KTM telah banyak bekerja selama musim dingin dan membawa beberapa hal yang tidak dapat kami uji di Le Mans,” ungkap Pol dilansir dari crash.net (6/5/2019).

“Di beberapa area mesin, kami mengalami peningkatan cukup banyak dan juga di beberapa area pada sasis. Kami memulai hari dengan sasis dan di akhir sesi kami beralih ke mesin, mencoba konfigurasi yang berbeda.”

Namun, Pol enggan menjelaskan konfigurasi mesin apa yang digunakannya. Ia berdalih tidak bisa menjelaskan karena memang sulit untuk dijelaskan.

“Saya tidak bisa menjelaskan kepada Anda bukan karena saya tidak mau tetapi karena saya tidak tahu bagaimana menjelaskan konfigurasi ini kepada Anda.”

“Tapi semuanya bekerja dengan baik dan kami senang. Tetapi dengan konfigurasi baru mesin kami memiliki lebih banyak ruang untuk berkembang. Kami memiliki lebih banyak ruang untuk meningkat.”

mesin baru ktm
Advertisements