FP2 Le Mans: Vinales Tercepat, Rossi Terancam Q1!

Maverick Vinales mencetak 1:31,428 untuk menjadi yang tercepat di FP2 sekaligus menutup hari pertama MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans di posisi teratas. Valentino Rossi terancam Q1, lagi!

Sesi FP2 dibuka dengan terjatuhnya Dani Petrucci. Kecelakaan yang aneh bagi Petrucci. Ia kehilangan grip depan di ujung tikungan sehingga membuat motornya meluncur lurus. Namun, Ia masih bisa mengamankan posisi ke-9 di sesi ini.

Tidak hanya Petrux, Jack Miller juga mengalami crash di T3. Pol Espargaro juga terjatuh. Joan Mir pun ‘tak mau ketinggalan’, juga terjatuh.

Kemudian saat sesi berjalan 15 menit, Cal Crutchlow mencetak fastest lap. Tak lama kemudian giliran Marquez yang memimpin sesi. Honda di posisi 1-2. Namun, catatan waktu keduanya masih di bawah Fabi Quartararo di ssi FP1.

Setengah jam berjalan, Marquez mempertajam laptime dengan ban hard. Mendekati 30 menit sesi, Andrea Dovizioso naik ke posisi 4 namun dengan ban soft.

Kemudian Vinales memisahkan Marquez dan Crutchlow dengan tercepat kedua. Di sesi ini Valentino Rossi tampil dengan desain fairing baru, split fairing, yang dipakai Vinales. Downforce lebih dapat, namun di trek lurus menjadi antiklimaks.

Sisa 10 menit, Marquez masih memimpin diikuti Vinales, Crutchlow, Petrucci dan Quartararo. Rossi di luar top 10.

Lima menit tersisa, time attack dimulai. Jorge Lorenzo secara luar biasa memimpin sesi. Sementara itu, Crutchlow terjatuh. Vinales kemudian mencetak 1:31,428 untuk memimpin sesi. Dovi naik ke posisi tiga.

Quartararo naik ke posisi dua dari posisi 6 sebelum digeser Marquez. Vinales masih tercepat namun kehabisan bahan bakar dan mendorong M1 ke garasi. Hadeuh…

Hasil FP2 Le Mans 2019

fp2 le mans

Sumber: motogp.com

Advertisements