Klasemen Lengkap Usai MotoGP Prancis!

Marc Marquez makin memantabkan diri di puncak klasemen pembalap. Seiring dengan itu, Honda pun makin nyaman di puncak. Namun, di kategori tim Repsol Honda harus puas di bwah tim lain. Inilah Klasemen MotoGP Prancis 2019!

Kemenangan Marquez di Le Mans membuat poinnya kini menjadi 95. Tambahan 25 poin memantabkan posisinya di puncak dengan keunggulan 8 angka dari Andrea Dovizioso di posisi kedua.

Yes, finish kedua di Le Mans membuat Dovi menggeser Alex Rins dari posisi runner up. Rins sendiri yang ‘hanya’ finish ke-10 akhirnya turun ke posisi ketiga. Tambahan 6 angka membuat poin pembalap Suzuki itu menjadi 75.

klasemen motogp prancis

Membuntuti Rins ada Valentino Rossi. The doctor kini mengoleksi 72 angka berkat tambahan 11 poin usai finish kelima.

Sebelum MotoGP Prancis, jarak empat pembalap teratas hanya 9 angka. Namun, kemenangan Marquez plus hasil finish rival-rivalnya membuat jarak melebar. Benar kata Rossi, persaingan pembalap bisa ketat jika Marquez jatuh di balapan.

Posisi kelima kini ditempati Danilo Petrucci. Finish ketiga di Le Mans membuat poinnya kini menjadi 57, unggul 15 poin dari Jack Miller yang punya performa lumayan apik di balapan tadi.

Fabio Quartararo makin jauh meninggalkan tiga rookie lainnya. Finish ke-8 menambah koleksi poinnya menjadi 25. Rookie terdekat adalah Francesco Bagnaia yang gagal mendulang poin usai tabrakan dengan Maverick Vinales. Pecco baru mengumpulkan 9 poin. Joan Mir dan Miguel Oliveira sama-sama baru 8 poin.

Kabar gembira bagi penggemar Hafizh Syahrin. Akhirnya, pembalap Malaysia itu pecah telur. Ia berhasil finish ke-14 alias memperoleh 2 poin. Poin perdananya bersama KTM Tech 3. Ia bahkan finish di depan sang partner, Oliveira yang finish ke-15.

klasemen motogp prancis

Klasemen MotoGP Prancis: Konstruktor dan Tim

Untuk klasemen konstruktor, Honda makin jauh meninggalkan Ducati dan Yamaha. Kemenangan Marquez menambah 25 poin bagi pabrikan sayap sengkleh itu menjadi 101, unggul 11 poin dari Ducati dan 23 poin dari Yamaha.

Jika Marquez dan Honda berjaya di kategori pembalap dan konstruktor, maka untuk klasemen tim pemuncaknya adalah Mission Winnow Ducati Team. Torehan perdana double podium di Le Mans menambah koleksi poin tim merah menjadi 144 poin.

Posisi kedua ada Repsol Honda. Sumbangan poin Jorge Lorenzo (5 poin) plus Marquez membuat tim itu memiliki 111 poin. Di belakangnya ada Monster Energy Yamaha dengan 102 poin.

klasemen motogp prancis

Sumber: motogp.com

Advertisements