Niki Lauda, Legenda F1 Yang Puji MotoGP!

Dunia balap berkabung. Legenda balap mobil Formula 1, Niki Lauda meninggal dunia pada usia 70 tahun, Senin (20/5/2019). Kendati menjadi legenda F1, Lauda pernah menyebut MotoGP lebih spektakuler.

Kesehatan Niki Lauda memang terus menurun sejak melakukan operasi transpalasi paru-paru Agustus tahun lalu. Pasca operasi, mantan pembalap F1 asal Austria itu harus dirawat di rumah sakit selama 2 bulan.

Akhirnya, di usia 70 tahun, 3 kali juara dunia F1 itu menghembuskan nafas terakhir. Ia dua kali juara dunia bersama Ferrari (1975 dan 1977) serta sekali dengan McLaren tahun 1984.

Menyanjung Tinggi MotoGP

Niki Lauda ternyata pernah melontarkan pujian untuk balap motor MotoGP. Bahkan, Ia dua kali menyanjung MotoGP yang disebutnya telah mengungguli F1 dari segi tontonan.

Tahun 2003 silam, Ia menyaksikan langsung aksi terakhir Valentino Rossi bersama Honda di seri pamungkas Valencia. Kepada laman kejuaraan, Lauda menyebut MotoGP sudah mengungguli F1.

“MotoGP saat ini mengungguli Formula 1 karena sebagai tontonan jauh lebih baik,” kata Lauda kepada motogp.com kala itu dikutip dari motorsport.com (21/5/2019).

Tahun 2015 silam, Lauda kembali melontarkan pujian untuk MotoGP.
Kepada media Spanyol, El Mundo Deportivo, ia bahkan tak sungkan menyebut MotoGP lebih spektakuler ketimbang F1.

Lauda menyebut pembalap-pembalap MotoGP sangat berjuang dengan motornya. Sedangkan, baginya pembalap F1 saat ini telah dimanjakan dengan teknologi yang membuat mobil sangat mudah dikendalikan.

niki lauda

Heemmm... memang dalam dekade terakhir, pamor balap F1 terus merosot. Sebaliknya, MotoGP makin bersinar. Pembalap-pembalap muda dan berbakat silih berganti bermunculan di MotoGP. Kendati di 7 tahun terakhir balapan didominasi Marc Marquez, tetapi suguhan aksi-aksi memukau pembalap lain terlalu sayang untuk dilewatkan.

Selamat jalan, legend!

Advertisements