Bos Tech 3 Tidak Membayangkan Kondisi Zarco Begini

“Menjadi pembalap pabrikan berarti menunjukkan jalan kepada para insinyur untuk mengembangkan motor. Zarco perlu melakukan itu”

Hal itu dikatakan bos Tech 3, Herve Poncharal, mengenai pembalap yang diorbitkannya ke kelas primer tahun 2017 silam. Dua tahun menjalani musim fantastis bersama Yamaha, Poncharal paham betul potensi dan kemampuan Zarco.

Namun, dengan kondisi terkini sang pembalap, Poncharal mengaku hanya bisa melihatnya sebagai penonton. Ya, Zarco saat ini sudah menjadi pembalap pabrikan KTM.

bos tech 3

“Apa yang bisa kukatakan? Saya hanya seorang penonton dalam kisah ini,” ungkap Poncharal dikutip dari gpone.com (22/5/2019).

Zarco memang tengah terpuruk. Empat seri pembuka hanya 10 poin yang diraih, bandingkan dengan periode yang sama dua tahun sebelumnya (35 poin 2017 dan 58 poin 2018). Sebuah penurunan yang lumayan dalam. Perpindahan dari motor Yamaha ke KTM disinyalir menjadi penyebab.

Bahkan, di balapan rumah Le Mans, Zarco dipaksa menjadi pesakitan setelah sang junior, Fabio Quartararo, lebih mencuri perhatian penggemar Prancis. Makin terpuruk setelah sang partner di KTM, Pol Espargaro menampilkan performa yang gemilang.

bos tech 3

Ya, di seri Le Mans kemarin, Zarco hanya finish ke-13. Sedangkan Quartararo sang kompatriot finish ke-8 dan Pol di posisi enam.

“Kami menghabiskan dua tahun yang fantastis bersama. Seperti semua orang, saya juga berpikir bahwa hasil Johann akan mendekati hasil Pol, yang akan saling memacu. Saya tidak membayangkan situasi ini,” tambah Poncharal.

Ketika ditanya, apa yang menjadi penyebab performa Zarco anjlok seperti saat ini. Poncharal menjawab:

“Pol memiliki pengalaman dua tahun di KTM yang, sebagai sebuah konsep, agak berlawanan dengan Yamaha. Tapi kemudian aku tidak akan berharap untuk melihat seorang pemula seperti Oliveira menyelesaikan di depan Syahrin juga. Miguel memiliki keuntungan karena tidak mengendarai motor MotoGP lain, dia kuat karena dia tidak punya referensi lain,” tutup Bos Tech 3.

bos tech 3
Advertisements