Suzuki Lemah di Le Mans, Rentetan Top 6 Terhenti!

Alex Rins meminta Suzuki memperbaiki masalah yang membuatnya sangat kesulitan melibas trek Le Mans minggu lalu. Suzuki lemah di Le Mans.

Dengan modal finish kedua di Jerez plus runner up pula di klasemen pembalap, Alex Rins dan Suzuki menyambut seri Le Mans dengan optimisme tinggi. Namun, akhir pekan di Prancis menjadi mimpi buruk skuad Hamamatsu.

Hari pertama latihan bebas Jumat, posisi terbaik Suzuki adalah 14 atas nama Joan Mir. Alex Rins? Setingkat tepat di bawahnya. Ketika berharap bisa memperbaiki catatan waktu di hari Sabtu, trek malah diguyur hujan. Alhasil, keduanya harus puas memulai kualifikasi lebih dini alias Q1.

suzuki lemah

Q1 nampaknya tidak banyak peningkatan yang dialami duo Suzuki. Lagi-lagi keduanya beriringan di posisi start ke-18 dan 19 dari 22 starter. Sebelumnya, posisi nyaris serupa terjadi di Argentina. Tapi, posisi start Rins dan Mir masih lebih baik dibanding Le Mans (P16 dan P19).

Harapan sebenarnya masih ada di balapan Minggu. Bukan tanpa sebab, sudah beberapa kali Rins menunjukkan bahwa Ia hampir menjadi The Sunday Rider, mirip dengan Valentino Rossi. Mlempem di Jumat-Sabtu tapi garang di Minggu.

Tapi, nyatanya hal itu tidak juga terjadi. Rins dan Mir tak berkutik di 27 lap Le Mans. Rins finish ke-10, Mir lebih parah yakni ke-16 alias juru kunci.

Tanggapan Rins

“Kami kehilangan waktu di bagian pertama tikungan, momen ketika melepaskan rem. Di area itu, jika saya mencoba melakukan lebih banyak corner speed, saya kehilangan ban depan. Aneh karena tahun lalu kami punya masalah yang sama,” ujar Rins dilansir motorsport.com (23/5/2019).

suzuki lemah

“Saya merasa lebih bermasalah pada trek ini dibanding trek lainnya. Mungkin untuk suhu rendah, mungkin untuk layout tikungan. Saya tidak tahu. Tapi ya, di trek ini saya merasa lebih banyak masalah dari yang lain,” tambahnya.

Rentetan Finish Top 6 Berhenti

Alhasil, selain harus melorot ke posisi ketiga di klasemen, Rins juga harus mengakhiri rentetan finish top 6 di 11 balapan terakhir. Ya, sejak dibatalkannya seri Inggris di Silverstone musim lalu, Rins selalu finish top 6 mulai seri Misano hingga Jerez musim ini.

Akhirnya, Suzuki lemah di Le Mans

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.