Danilo Petrucci: Sempurna di Kandang!

Tidak ada yang lebih sempurna selain merasakan kemenangan perdana dan diraih di rumah sendiri. Itulah yang dialami Danilo Petrucci di MotoGP Italia di Sirkuit Mugello!

Danilo Petrucci memenangi GP Italia di sirkuit legendaris, Mugello. Ia berhasil menaklukkan Marc Marquez dan rekan setimnya, Andrea Dovizioso, dalam pertarungan super ketat dan menegangkan hingga putaran terakhir.

Danilo Petrucci

Balapan sebenarnya didominasi Marquez, sang pole sitter. Selepas lampu start padam, Marquez langsung melaju paling depan. Sedangkan Fabio Quartararo melakoni start buruk dan langsung merosot ke barisan tengah (P10). Petrucci yang start ketiga berusaha bertahan di baris depan.

Start apik juga dilakoni oleh Dovizioso. Start dari posisi 9, Desmodovi langsung melesat ketiga. Demikian juga Cal Crutchlow yang memulai dari posisi 6 l, sudah menempel Marquez di posisi kedua. Sedangkan Valentino Rossi hanya naik 2 strip ke posisi 16.

Balapan mulai seru memasuki putaran keenam. Marquez yang memimpin balapan diserbu oleh 3 rider Ducati; Dovi, Petrux dan Jack Miller. Ditambah kehadiran the new sunday rider, Alex Rins (Suzuki) yang melesat ke posisi 4. Padahal Ia start dari posisi 13.

Danilo Petrucci

Tak lama kemudian, Marque segera disalip 3 rider Ducati tersebut sehingga sang juara bertahan melorot ke posisi 4, tapi masih di depan Rins.

Rossi Crash

Saat balapan menyisakan 16 putaran, nasib buruk menimpa the doctor. Rossi harus mengakhiri balapan lebih awal usai crash. Para pendukung VR46 di bangku penonton seolah tak percaya jagoannya terjatuh.

Dua lap setelah Rossi jatuh, Rins menggebrak. Ia mengambil alih pimpinan lomba dari Dovi. Ia menyalip Petrux dan Dovi untuk ada di paling depan. Tapi, Mugello adalah surganya motor dengan top speed tinggi. Tak lama kemudian di trek lurus, Rins segera kembali ke posisi 3 usai GSX-RR tak mampu menghadang keganasan Desmosedici GP19.

Rins akhirnya kembali turun posisi setelah Marquez juga berhasil menyalipnya tak lama setelah disalip duo Ducati. Saat pembalap di depannya saling overtake, Miller yang ada di posisi kelima justru tumbang hanya 9 lap jelang finish. Sial.

Danilo Petrucci Ambil Keuntungan

Aksi menegangkan dimulai jelang last lap. Marquez berhasil overtake Dovi dan Petrux untuk kembali terdepan. Namun, di tikungan pertama last lap, Petrux berhasil memanfaatkan kelengahan Marquez dan Dovi yang tengah bertarung untuk menyalip keduanya.

Danilo Petrucci

Dan akhirnya posisi terdepan berhasil terus diamankan Petrux hingga bendera finish dikibarkan. Petrux hanya unggul 0,043 detik dari Marquez. Dovi menyusul di posisi ketiga. Rins tetap keempat disusul Takaaki Nakagami kelima dan Maverick Vinales keenam.

Sumber: motogp.com

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Kumpulan Blog yang Membahas MotoGP Mugello Italia 2019 – Mercon Motor

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.