Rekor Baru MotoGP Tercipta Setelah 48 Tahun!

ktm indonesia

Pertama kalinya sejak 1971, 10 besar klasemen pembalap berisi 5 factory team di 6 seri pembuka MotoGP 2019. Rekor baru MotoGP tercipta, cak!

Sederhananya, MotoGP sama kompetitifnya seperti era sebelumnya. Untuk kelima kalinya musim ini, lima pabrikan menemukan diri mereka berada di dalam sepuluh besar balapan MotoGP; pertama kali ini terjadi di era modern.

Rekor baru motogp

Sedikit flashback ke musim 1971, tahun itu untuk terakhir kalinya ada lima pabrikan berbeda dalam sepuluh besar perlombaan kelas utama di lima dari enam putaran pembukaan musim itu. Saat itu, tim-tim seperti Paton, Linto, MV Agusta, Seeley, Koenig, BMW, Matchless, Norton, Husqvarna dan Bultaco menantang beberapa yang lebih akrab di era modern seperti Kawasaki, Yamaha dan Suzuki.

Menurut laman motogp.com (3/6/2019), musim ini tiga pabrikan yang berbeda telah memenangkan perlombaan. Kita tahu tim-tim itu adalah Ducati, Honda dan Suzuki. Lalu ada empat pabrikan yang berbeda telah naik ke podium (tambahkan saja Yamaha). Dan ada enam pabrikan secara teratur bersaing untuk mendapatkan tempat dalam sepuluh besar (plus KTM dan Aprilia).

Rekor baru motogp

Di klasemen manufacture, 4 tim teratas hanya dipisahkan oleh 33 poin saja. Tentu saja di era modern ini persaingan sebegitu ketat itu membuat MotoGP musim ini tengah memasuki era keemasan kelas primer.

Saat ini, Honda memimpin dengan 121 poin tetapi hanya enam poin di depan Ducati. Sementara Yamaha dan Suzuki menemukan level mereka di 88 poin, terpaut 33 dari Honda.

Rekor baru motogp

KTM telah mencatat hasil terbaik di balapan kering selama Free Practice, kualifikasi dan balapan sejauh musim ini, berkat penampilan Pol Espargaro.

Rekor baru motogp

Sementara itu, Aleix Espargaro (Aprilia Gresini) telah mengumpulkan 27 poin di enam putaran pembukaan musim ini. Inilah hasil terbaik pabrikan Italia itu sejak mereka kembali ke grid kelas utama pada 2015.

Tidak ada keraguan bahwa inilah pertarungan sengit, pertempuran terketat dan persaingan kelas utama terbaik dalam satu generasi. Selain itu, ini masih kurang dari sepertiga musim yang berarti ada banyak waktu untuk menyaksikan lebih banyak momen MotoGP di musim yang luar biasa ini. Rekor baru MotoGP tercipta setelah 48 tahun!

Advertisements