Bautista Menang Race 1, Rea dan Lowes Diinvestigasi!

Alvaro Bautista meraih kemenangan ke-12-nya musim ini di kandang sendiri. Insiden kontroversial dengan Jonathan Rea menyebabkan Alex Lowes crash.

Selepas lampu start padam, Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK) mengambil holeshot dan mempertahankan keunggulannya, meskipun Bautista terus menekannya. Tak berlangsung lama, pada lintasan pendek antara tikungan 4 dan 5, pembalap Spanyol itu mampu unggul dari Rea.

Pada akhir lap pertama, Alex Lowes (Pata Yamaha Team WorldSBK) menempati posisi ketiga. Rekan setimnya Michael van der Mark berhasil mengungguli Marco Melandri (GRT Yamaha WorldSBK) dan berada di urutan keempat.

Segera, pertarungan tempat ketiga terjadi dengan van der Mark tepat di belakang Lowes saat lap ketiga dimulai. Namun setengah jalan lap ketiga, tepatnya di tikungan 8 pembalap Belanda itu unggul di depan rekan setimnya dan mulai menekan Rea. Rea sendiri makin sulit mengejar Bautista di depan.

Bautista menang

Akhirnya, pembalap asal Irlandia Utara itu tidak mampu menahan gempuran van der Mark, yang melewatinya dengan mudah di tikungan 6 dengan 12 putaran tersisa. Beberapa saat kemudian, giliran Alex Lowes yang mendahului Rea, kali ini di tikungan 2 ketika Rea melakukan kesalahan langka. Namun, Lowes membuat kesalahan yang sama di tikungan 5, yang membuat Rea kembali unggul di tikungan 6 sebelum pertempuran sepanjang sisa balapan terjadi.

Rea Senggol Lowes

Dengan van der Mark dan Bautista makin menjauh di depan, Rea dan Lowes terus bertarung dan berjuang habis-habisan sampai akhir lomba. Beberapa kali aksi saling overtake bersih terjadi antara keduanya.

Bautista menang

Memasuki lap terakhir adalah kesempatan terakhir Rea untuk menyalip Lowes demi poin di championship. Dengan Bautista menang dan van der Mark berada di urutan kedua, posisi tiga menjadi rebutan Lowes dan Rea. Namun, Rea yang begitu agresif akhirnya membuatnya menyenggol Lowes. Pembalap Yamaha itu akhirnya crash. Rea nampak memberikan gestur maaf dengan tangannya.

Dikutip dari worldsbk.com (8/6/2019), race direction memutuskan insiden Rea dan Lowes dalan investigasi. Jika terbukti bersalah, bukan tidak mungkin podium tiga Rea akan dipaksa lepas. Bautista menang lagi, cak!

Top 6 Race 1 WorldSBK Jerez 2019:

  1. Alvaro Bautista (ARUBA.IT Racing – Ducati)
  2. Michael van der Mark (Pata Yamaha WorldSBK Team)
  3. Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK)
  4. Marco Melandri (GRT Yamaha WorldSBK)
  5. Toprak Razgatlioglu (Turkish Puccetti Racing)
  6. Tom Sykes (BMW Motorrad WorldSBK Team)
Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.