Peluang Bisnis Asuransi Kargo Tahun 2019

Target prtumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2019 membawa potensi cerah bisnis asuransi kargo tanah air.

Pada hari Senin (15/4/2019), Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Indonesia (AAUI) Dody Achmad Sudiyar Dalimunthe menyatakan bahwa adanya potensi pertumbuhan lini pengangkutan tahun ini. Berdasarkan data AAUI tahun lalu, premi asuransi pengangkutan tumbuh 11,46% yoy menjadi Rp 3,50 triliun. Pertumbuhan ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan kenaikan volume pengangkutan barang selama 2018, masing-masing 5,18% dan 5,00%.

Target yang dipasang oleh pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah 5.3% untuk sepanjang tahun 2019. Meningkatnya pertumbuhan ekonomi  negara dapat menjadi peluang untuk berkembangnya bisnis asuransi kargo.

PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika (MPM Insurance) terus membidik korporasi-korporasi sebagai segmen yang dituju, khususnya perusahaan yang sudah menggunakan produk MPM Insurance lainnya.  Presiden Direktur MPM Insurance Alexander Hendro Setokusumo mengatakan potensi asuransi kargo di 2019 masih baik seiring dengan interkoneksi antarpulau yang semakin pesat. MPM Insurance menangani kargo antarpulau dan juga impor ekspor, walaupun lebih banyak untuk kargo dalam negeri.

Risiko dari asuransi kargo cenderung lebih kecil dibandingkan produk asuransi lainnya, meskipun bisnis asuransi MPM Insurance masih didominasi oleh asuransi kendaraan bermotor, properti, dan kredit multiguna. MPM Insurance menargetkan pertumbuhan premi di tahun ini naik sebanyak 15%

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.