3 Jasa Ekspedisi Termurah di Indonesia

Galau mencari jasa ekspedisi termurah untuk pengiriman barang pesanan online? Mau yang murah untuk biaya tapi barang pesanan masih bisa cepat sampai ke rumah dengan aman? Tidak usah bingung lagi, kami punya informasi bagus buat Anda.

Untuk menjawab kebingungan para penggemar belanja online dalam memilih ekspedisi, berikut kami coba paparkan 3 jasa ekspedisi murah untuk berbelanja secara online.

Terkadang memang memilih jasa pengiriman barang untuk barang pesanan online tidak segampang yang terlihat. Ada yang biayanya murah, namun pesanan bisa berhari-hari baru sampai di rumah. Ada yang cepat sampai, namun biayanya tidak jarang lebih mahal dari harga barang pesanan. Sering pula, cukup murah dan cukup cepat, namun ternyata tidak ada layanan pengiriman itu di wilayah kita.

Mengapa penting memilih jasa ekspedisi?

Dengan semakin maraknya penjualan barang melalui media internet, maka penyedia jasa pengiriman barang atau ekspedisi yang baru juga banyak bermunculan. Jika sudah begitu maka persaingan harga di antara perusahaan-perusahaan pun tidak akan terelakkan. Keinginan semua pengguna jasa pengiriman barang tentu saja ekspedisi yang terpercaya tetapi juga murah. Namun, apakah semudah itu menemukan jasa ekspedisi termurah?

Sebagai pelaku bisnis jual beli online, tentu saja kecepatan pengiriman barang dari penjual ke pembeli atau sebaliknya jika ada retur, sangat penting. Penjual membutuhkan hal tersebut untuk menjaga kepercayaan konsumen, sebaliknya konsumen membutuhkannya untuk segera menggunakan barang pesanan. Maka, sekali lagi ekspedisi yang terpercaya tapi juga murah begitu diidam-idamkan.

Simulasi biaya pengiriman barang beberapa jasa ekspedisi di Indonesia!

Oleh karena itu, kami mencoba membuat simulasi pengiriman barang dengan metode membandingkan biaya pengiriman 1 kg barang di wilayah Indonesia dengan rute pengiriman Jakarta-Surabaya. Tidak hanya membandingkan biaya, kami juga membandingkan durasi pengiriman secara reguler atau standar yang memiliki waktu pengiriman di kisaran 1-2 hari.

Dari hasil simulasi yang kami lakukan, diperoleh data bahwa jasa ekspedisi yang paling murah untuk pengiriman barang dari Jakarta Pusat ke Surabaya adalah Wahana, yaitu Rp12.000. Posisi kedua adalah Pos Kilat Khusus dengan biaya Rp18.000, sedangkan Ninja Xpress menempati posisi ketiga dengan biaya sebesar Rp18.500.

Posisi berikutnya adalah JNE, J&T dan Sicepat yang masing-masing berbiaya Rp19.000,-. Sedangkan TIKI menjadi yang termahal dengan Rp21.000,-.

Tabel 1. Perbandingan tarif pengiriman JNE, J&T, TIKI, Pos Indonesia, Sicepat, Wahana dan Ninja Xpress

Fitur unggulan 3 jasa ekspedisi termurah

Wahana Express telah menjadi jasa ekspedisi termurah berdasarkan simulasi di atas. Salah satu fitur unggulan perusahaan yang memiliki kantor pusat di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten ini adalah Kirim Barang Hemat dan Murah Mulai Rp5.000,-. Bahkan mereka punya jargon mirip dengan judul sebuah lagu pop yang sedang digandrungi anak muda yakni I Love You 5000! Untuk mendukung program tersebut.

Sedangkan Pos Indonesia yang menduduki posisi kedua jasa ekspedisi berbiaya murah, memiliki fitur melayani pengiriman barang yang cukup beragam. Mulai dari Pos Express, Pos Kilat Khusus, Pos Jumbo Ekonomi dan Layanan Standar. Pos Express merupakan layanan premium dengan standar waktu layanan pengiriman 1 hari. Namun, untuk simulasi di atas fitur yang kita bandingkan adalah Pos Kilat Khusus yang memiliki estimasi pengiriman 1-2 hari.

Jasa ekspedisi murah posisi ketiga adalah Ninja Xpress. Pemain baru asal Singapura ini mampu menyeruak di antara ‘pemain-pemain lama’ dengan memberikan harga yang kompetitif. Salah satu fitur andalan Ninja Xpress adalah Ninja Fast yang memungkinkan barang kiriman sampai di hari yang sama. Namun, yang disimulasikan di atas adalah fitur Ninja Reg dengan estimasi 1-2 hari barang sampai.

Cek ongkir jasa ekspedisi di HP android

Simulasi berikutnya, Kami membandingkan biaya pengiriman untuk barang 1 kg dari Jakarta Pusat Situbondo. Hasilnya, Wahana Prestasi Logistik tetap yang termurah dengan Rp18.000,-. Pos Indonesia dan Ninja Xpress berikutnya dengan Rp25.000,- dan Rp25.500,-.

Jika Anda ingin melakukan cek tarif biaya kirim beberapa jasa ekspedisi di tanah air, Anda dapat langsung membandingkannya dengan menggunakan aplikasi yang banyak tersedia di Play Store. Salah satu aplikasi yang bisa Anda coba adalah aplikasi Cek Ongkir V2.

Caranya sangat mudah. Setelah melakukan pemasangan aplikasi di HP Android, Anda tinggal membukanya. Kemudian pilih menu Cek Ongkos Kirim. Selanjutnya, masukkan kota asal dan kota tujuan, jangan lupa berat barang juga dimasukkan. Kemudian, pilih beberapa jasa ekspedisi yang disediakan aplikasi tersebut dengan cara memberi tanda centang. Lalu, klik Cek Ongkir.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa 3 jasa ekspedisi termurah di Indonesia adalah:

  1. Wahana
  2. POS Indonesia
  3. Ninja Xpress

Namun, seperti disebutkan di atas, kendati 3 jasa ekspedisi termurah, namun Anda tentunya memiliki seleradan kebutuhan masing-masing. Apalagi jika telah memiliki pengalaman sendiri yang berhubungan dengan pengiriman barang. Selain itu, terbatasnya ketersediaan jasa ekspedisi di wilayah Anda juga menjadi salah satu faktor utama memilihjasa ekspedisi yang tepat.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.