4 Cara Mencegah Tangki Bocor. Bikin Ribet Tapi Lebih Ribet Lagi Kalau Sudah Bocor

image
Tangki Bocor momok bagi motorsport

Rideralam.com -Salah satu momok bagi para pemilik motor sport a.k.a. motor batangan adalah tangki yang bocor. Jika sudah terjadi hal seperti itu, bisa dipastikan akan runyam. Ditambal model apapun menjadi sia-sia, paling hanya bertahan beberapa saat saja. Berbagai tips dan trik sudah diaplikasikan, hasilnya nihil. Bahan bakar tetap saja merembes keluar, imbasnya akan lebih sering isi bahan bakar. Belum lagi resiko motor terbakar akibat bahan bakar yang merembes ke mesin yang panas.

Nah, sebelum hal tersebut terjadi, ada baiknya kita perhatikan dan selalu cek kondisi motor terutama bagian tangki agar tidak sampai nasi jadi bubur alias kasep. Berikut ini berbagai upaya pencegahan dini meminimalisir terjadinya tangki bocor:

1. Hindari semprotkan langsung air steam ke tangki
Saat mencuci motor dengan steam, sebisa mungkin mintalah ke petugasnya untuk tidak menyemprot langsung ke tangki. Jika ini dilakukan maka biasanya akan ada setetes demi setetes air cucian yang akan masuk ke dalam tangki melalui lubang udara. Hal yang bisa menbuat tangki yang terbuat dari besi mengalami reaksi oksidasi dengan air sehingga menyebabkan karat. Ujung-ujungnya bisa memperlemah kekuatan besi dan akhirnya menimbulkan lubang kecil alias bocor.

2. Periksa karet tutup tangki
Karet tangki (shield) berfungsi untuk menutup lubang udara di tutup tangki. Karet shield yang bagus akan membuat tangki tertutup rapat. Namun, jika kondisi karet sudah melar maka tangki menjadi tidak presisi lagi dan menimbulkan lubang-lubang kecil tempat masuknya air ke dalam tangki.

3. Usahakan tangki selalu terisi penuh
Terdengar sombong memang dan memberatkan. Tangki motorsport rata-rata di atas 10 liter, artinya jika diisi penuh akan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun jangan lupa, itulah resiko jika brosis sudah memutuskan membeli motorsport. Jika kondisi tangki selalu penuh, maka peluang terjadinya kondensasi atau penguapan. Kondensasi inilah yang akan menghasilkan uap air. Kadang jika sering isinya hanya menyisakan beberapa liter bensin saja di dalam tangki, embun akibat penguapan gas bahan bakar itulah yang menyebabkan karat.

4. Kuras tangki tiap 6 bulan
Jika brosis sering mengisi tangki dengan premium, maka akan banyak endapan dari kotoran premium yang akan menimbulkan kerak. Kerak inilah biang karat ditangki. Brosis perlu setidaknya 6 bulan sekali melakukan kuras tangki hingga bersih, lalu setelah dikeringkan silahkan isi kembali.

image

Nah, kira-kira itulah 4 tips mencegah karat di tangki yang bisa brosis lakukan. Memang bikin ribet namun akan lebih ribet lagi kalau tangki sudah bocor. Percaya deh, jika selama ini motor batangan Honda yang identik dengan tangki bocor, Sipio (New Scorpio Z) juga sudah pernah bocor. Jadi, bocornya tangki tidak mengenal merk. Cmiiw

News: Motoexpertz

[display-posts tag=tips&trik]

Contact Me On:

Whatsapp: +6287712727000
E-mail: karis.nsz@gmail.com
Twitter: @karismapr
Google+: Karis Mauyy
Path: Karis Mauyy

Advertisements

Comments are closed.