Akhirnya, Pemilu Bakal Dilaksanakan Serentak!

image

RiderAlam.com – Brosis, dah pada tahu kan kalau sebentar lagi bangsa kita ini bakal punya hajatan besar, yup Pemilihan Umum 2014. Pada 9 April nanti adalah Pemilihan Calon Legislatif lalu 3 bulan kemudian tepatnya 9 Juli akan ada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Nah, ternyata pemilihan umum dua tahap tersebut akan menjadi pemilu terakhir di negara tercinta ini!

Mulai tahun 2019 nanti Pemilu di Indonesia bakal diselenggarakan secara serentak. Artinya, pemilihan legislatif dan pemilihan presiden akan dilaksanakan bersamaan. Keputusan tersebut sudah resmi ditetapkan oleh Mahkamah Konstitusi yang dibacakan pada Kamis (23/1).

Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan uji materi ( judicial review ) Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang diajukan akademisi Effendi Gazali bersama Koalisi Masyarakat untuk Pemilu Serentak. (Kompas)

Sebuah kabar bagus ya jika akhirnya pemilu bakal diselenggarakan satu kali. Selain pasti akan hemat biaya penyelenggaraan yang bisa triliunan rupiah, juga akan membuat kondisi stabilitas keamanan terjaga dan gejolak sosial lebih minim. Tahu sendiri kan jika mendekati pemilu biasanya “hawa” politik di tengah-tengah masyarakat menjadi panas, gampang tersulut sehingga sangat rentan gesekan-gesekan horizontal antar pendukung calon.

Namun, yang agak disayangkan adalah keputusan MK tersebut baru berlaku untuk pemilu 2019, padahal Efendi Ghazali dan Koalisi Masyarakat untuk Pemilu Serentak mengajukan judical review untuk pemilu yang terdekat yaitu Pemilu 2014. MK beralasan keputusan tersebut tidak bisa diberlakukan untu pemilu 2014 sebab pemilu 2014 sudah terjadwal sehingga jika dipaksakan untuk serentak dikuatirkan akan mengganggu tatanan yang sudah mulai berjalan.

Entahlah brosis, RA sebagai rakyat awam hanya berharap semoga keputusan tersebut murni untuk kepentingan bangsa sehingga tidak ada maksud-maksud tertentu dibalik keputusan itu.

Baca Juga:
[display-posts tag=pemilu]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Twitter: @karismapr
e-mail: karis.nsz@gmail.com

Advertisements

5 Comments

  1. Bagi saya, MK lebih bijaksana dengan mengakomodir antara hal yang sudah berjalan dan koreksi yang dilakukan berikutnya.
    Sehingga sudah benar pengajuan EG cs dikabulkan, tapi tidak serta merta ditetapkan saat itu juga. Sebuah contoh kecil adalah
    pencetakan semua atribut resmi pemilu dan logistik akan mawut kalau dilaksanakan dengan ketetapan yang bertanggal kemarin.
    Akan lebih bagus bila schedule ditata lebih baik untuk 2019. Dengan tahapan-tahapan yang sudah lebih benar plus dipangkasnya
    beberapa hal yang sudah dianggap tidak perlu.

Comments are closed.