Baru Tahu Ternyata Hasil Dyno Test Juga Dipengaruhi Faktor Ini

dyno test motor”]image

Rideralam.com – Menyimak artikel-artikel dari blognya pak dosen, motogokil, memang teknikal banget. Hitungan-hitungan di atas kertasnya mantabs-mantabs sampai-sampai RA ra mudeng bacanya (gak ngerti). Banyak banget angka dan rumus yang bikin burung-burung kecil seliweran di atas kepala :D. Namun, ada satu artikel yang cukup menarik perhatian, yaitu tentang dyno test.

Pengukuran power/torsi dengan menggunakan mesin dyno tidak melibatkan kerugian-kerugian yang paling penting, yaitu kerugian
perlawanan udara (drag force) dan kerugian gesekan ban-aspal

Motogokil

Kalimat di atas, RA sepenuhnya sangat percaya memang betul adanya. Lalu, ada faktor eksternal lain yang ternyata mempengaruhi hasil pengukuran dyno test, yakni suhu ruangan.

Semakin dingin-udara semakin rapat, power semakin berasa tambah

Motogokil

Wah, berarti hasil dyno test tiap-tiap lokasi test belum tentu menghasilkan angka yang sama ya walaupun jenis motornya berbeda. Misalkan RA melakukan dyno test motor A di Situbondo dengan suhu rataan 32 °C maka hasilnya tidak akan sama dengan dyno test jika dilakukan di Puncak, Bogor misalnya walaupun unit motor dan mesin dyno testnya sama ya.

image
Perbandingan hasil dyno test CB150R dan NVL (pic. motogokil)

Heemmm… berarti jika selama ini hasil dyno test yang disajikan banyak pihak tentang performa motor, hanya menampilkan power motor, maka sebaiknya juga disertakan data suhu ruangan dan kerapatan udara tempat dyno test diselenggarakan ya. Nais info pak dosen… dua jempol deh!

Sudah suhu ruangan lebih dingin, motor masih bisa diutak-atik TB-nya, maka jangan heran kalau hasil dyno test menyajikan data yang ‘mengejutkan’ hehehehe….

Baca Juga:
[display-posts tag=dynotest]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Contact me on:
e-mail: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
whatsapp: +628 77 1 2727 000

Advertisements

19 Comments

  1. Pernah merasa motor/mobil lebih enak/powerful saat udara dingin ? (pagi/malam hari atau sehabis hujan) nah itu efeknya…makin dingin, makin padat, pembakaran lebih sempurna…juossss…

    Dyno enaknya dapet pagi atau sore… Siang bisa drop tenaganya

Comments are closed.