Bingung Pilih Motor Tunggangan? Coba Yang Ini….!!

Jumbo Are You?
Jumbo Are You?

Brosis….kali ini saya sedikit curhat, dan mudah-mudahan bisa sekaligus berbagi pengalaman. Dengan tinggi badan 187 cm dan berat badan 88 kg, boleh dibilang ukuran badan saya bukan standar ukuran orang Indonesia yang kurang lebih di kisaran 170-an cm. Dengan ukuran “jumbo” ini tidak jarang berbagai kesulitan menghadang terutama yang berkaitan dengan barang-barang yang dipakai, semisal kaos, kemeja, celana hingga sepeda motor.

Ngomong-ngomong tentang sepeda motor, tidak semua jenis sepeda motor cocok dan pas untuk saya kendarai, bukan soal daya tahn si motor (yang sudah jelas masih kuat) tetapi lebih ke estetika dan pantas tidaknya ketika dilihat. Untuk jenis sepeda motor ini, sudah pasti bebek dan skutik tidak masuk kriteria (kecuali skutik gambot model PCX), artinya jika ditunggangi akan terlihat “lebih besar ridernya dibanding motornya”. Jelas hal ini bikin rada risih juga sih ketika dikoemntari, ya walaupun sebenarnya bukan urusan mereka, motor-motor saya, badan-badan saya, koq kalian yang ribet, tetapi tetap saja bikin menciut rasa PeDe 😀

New Scorpio Z pas untuk dimensi saya
New Scorpio Z pas untuk dimensi saya

Jadi, pilihan terakhir adalah motor sport. Namun, ternyata tidak semua motor sport pun pas untuk ukuran saya (jiaaann…sengsoro tenan). Kembali ke awal ketika saya berniat membeli motor sport kala itu (akhir 2010), sebenarnya secara spek saya lebih menyukai V-Ixion (dyasil silinder, forged piston, fuel injection, model sporty, irit dan suara mesinnya yang saya suka), tetapi ketika mencoba menaikinya, saya merasa nih motor kekecilan untuk size saya (hadeeeuuhhh…).

Kemudian beralih ke Byson yang kala itu baru diluncurkan Yamaha. Secara dimensi Byson memang sangat pas buat saya, akselerasi rada lemot bukan hal penting, toh saya pakainya harian koq bukan balap, tetapi sayang disayang seperti kebiasaan Yamaha yang sudah-sudah, unit produknya yang baru launching sangat-sangat susah langsung diperoleh, kalaupun ada harus inden dan kala itu tidak tanggung-tanggung inden Byson bisa sampai 5 bulan kata orang dealernya, ampun dah padahal saya harus memakai tuh motor saat itu juga (urusan harga cincai lah…#sombong :D).

Akhirnya pilihan berikutnya adalah New Scorpio Z, walaupun sama-sama baru launching dengan Byson, tetapi karena NSZ tidak begitu tinggi peminatnya, akhirnya di dealer tersebut ada satu unit display yang kebetulan belum ada yang pesan. Dengan pertimbangan dimensi motor yang gede, cc besar, unit tidak menjamur di jalan raya serta harga yang masih dalam range budget plus ada barangnya, “dibungkuslah” nih motor hingga menjadi teman sehari-hari hingga kini.

dimensi bebererapa motor sport
Dimensi beberapa motor sport

Berdasarkan pengalaman saya di atas, salah satu pertimbangan dalam memilih tunggangan, terutama motor sport adalah size tubuh kita. Kita harus sadar diri dengan ukuran tubuh sehingga tidak salah dengan pilihan motor nantinya. Sebenarnya itu kembali ke personal masing-masing sih, jika percaya dirinya tinggi sebenarnya gak masalah misalnya seperti saya naik Satria FU, tapi buat saya masukan dan “saran” dari orang yang melihat kita nantinya cukup bisa menjadi pertimbangan.

Nah, untuk masbro yang galau dengan pilihan antara New V-Ixion dan CB150R, tidak ada salahnya untuk mengukur dulu ‘tingkat kepantasan” masbro saat menunggangi tuh motor, artinya silahkan dicoba dulu unitnya baru ambil keputusan. Soal spek kedua motor sebenarnya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Advertisements

28 Comments

  1. Hemmm jadi inget iklan mio….ada orang gendut gede pengen naek mio trus di suruh Diet dulu…………..hehe

  2. hmmm jadi inget ada iklan motor bebek yg bintangnya grup band, turun dari motor langsung ngangkang karena motor lebih lebar dari pada motor lainnya sedangkan penunggangnya abg imut, eeehhhh ladalah sekarang pabrikan yg bersangkutan malah bikin motor bebek yg paling lebar, tambah ngangkang sendiri deh…dan iklan tsb langsung tiada tayang lagi

  3. like this. soalnya banyak rider old vixi yang gak enak dilihat karena motor kekecilan jadi mirip naik Yamaha Touch 2 tak jaman dulu hehehe :mrgreen: piss Y

  4. aaaahhhh q tinggi cm 157 standard wanita asia …hmmm tp pingin bgt beli mtr sport…kira-kira nyampe gak ya kaki q..ahahahha

1 Trackback / Pingback

  1. Andaikan Disuruh Memilih Antara CB150R dan New V-Ixion, Maka Saya Pilih…..?? « KarisNSZ | All About My Mind

Comments are closed.