Cara Membuat Related Posts Di WordPress

image

Brosis, jika brosis baca-baca news online seperti detik, viva dan portal berita lainnya, pasti di bagian akhir artikel akan terdapat link artikel-artikel lain yang isinya berhubungan dengan topik utama artikel di atasnya. Nah, link-link tadi jika brosis klik akan mengajak brosis masuk laman artikel yang diklik tadi. Itu adalah related posts atau kurang lebih berikta terkait. Lalu, jika di blog apakah bisa menampilkan related posts seperti di portal berita tadi? Jawabnya BISA! Bagaimana caranya?

Sebelumnya, mohon dikoreksi jika info yang RA sampaikan setelah ini kurang benar atau salah, karena pada dasarnya RA juga baru mencobanya setelah bertanya ke dulur di jatimotoblog. Ok, begini cara membuat related posts di wordpress:

1. Silahkan menulis artikel seperti biasanya, judul, isi artikel, tag, kategori dan seterusnya.
2. Setelah selesai menulis artikel, jangan dulu di publish.
image

3. Di bagian akhir artikel ketik [di*play-posts tag=nama tag]
Contoh: misalkan ingin menampilkan judul-judul artikel dengan tag “cinta”, maka ketik [di*play-posts tag=cinta]. Buang tanda *
4. Lalu, setelah itu silahkan publish artikelnya.
5. Maka, beberapa judul artikel brosis yang memiliki tag “cinta” akan muncul di bagian akhir artikel. Gampang bukan?

image

Jadi, related posts itu bisa muncul jika di setiap artikel yang brosis tulis sudah dilengkapi kata-kata yang ditandai (tag). Dan penulisan tag pada [display-posts tag=nama tag] harus sama dengan kata-kata tag yang diartikel.

Lalu, apa kelebihan memunculkan related post? Sejauh ini belum RA perhatikan dengan seksama, namun biasanya jika RA baca-baca sebuah berita di news online, maka ketika selesai membaca RA akan membaca berita terkait dengan berita yang RA baca sebelumnya. Dan itu akan membuat RA mudah mencari beritanya jika sudah ada berita terkait di bawah berita tadi. Jadi, RA akan lebih betah membaca di news online tersebut, enggan pindah ke news online lain sampai berita terkait tadi memuaskan RA.

Bagaimana brosis, sudah bisa? Gampang koq. Selamat mencoba!

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Baca Juga:
[display-posts tag=tips dan trik]

email: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
whatsapp: +6287712727000

Advertisements

Comments are closed.