Cara Memecah Tulisan Di WordPress

RiderAlam.com – Brosis, artikel ini sebenarnya sudah banyak yang bahas. Kenapa RA ikutan bahas, tidak lain karena RA baru saja mempraktikkannya. Semua berawal dari keinginan menampilkan home page blog yang simpel, sederhana dan informatif serta tidak menjemukan. Tentang apa sih?

Kali ini tentang Bagaimana Memecah Tulisan Di WordPress menjadi beberapa bagian. Fitur ini sebenarnya sudah lama ada di WordPress, namun ya karena RA baru tahu makanya baru digunakan hehehe… (kemana aja selama ini bang..). Home page blog kita biasanya berisi artikel dengan judulnya, aksesoris pemanis blog seperti misalnya widget-widget serta banyak lagi terserah selera si blogger. Nah, untuk artikel dan judulnya biasanya laman home page akan menampilkan artikel kita secara utuh dari judul hingga akhir kalimat artikel. Ujung-ujungnya home page blog kita jadi panjang ke bawah dan menjemukan.

Agar menarik, seharusnya (menurut pendapat pribadi) di home page blog isinya adalah summary atau ringkasan atau penggalan paragraf pertama saja dari artikel-artikel kita. Jadi, home page akan berisi beberapa artikel kita yang berupa penggalan-penggalan awal saja. Untuk membaca lebih lengkap maka pembaca diharuskan mengklik judul atau tulisan “more” atau “lagi” atau sejenisnya di bagian akhir penggalan kalimat. Lebih menarik sebab pembaca akan mengetahui beberapa judul artikel kita beserta penggalan kalimat pembukanya tanpa harus men-scroll terlalu banyak ke bawah.

Lalu, bagaimana caranya?

1. Insya Allah cukup mudah. Pertama-tama adalah silahkan brosis tulis artikel seperti biasanya, termasuk melengkapi tag, kategori dan sebagainya.

kursor copy

2. Letakkan kursor di bagian akhir paragraf pertama atau dimana saja terserah brosis sebagai tempat penggalan kalimat artikel kita (no. 1)

3. Klik icon ‘Insert More Tag’ ((Alt+shift+T) (no. 2)

publish

4. Klik ‘Publish’

hasil copy

Taraaaaa…. jika langkah di atas benar, seharusnya di home page blog brosis artikel tadi hanya muncul judul dan sebagian kalimat awal sampai batas pemenggalan tadi.

Lalu, bagaimana jika artikel yang kita buat sudah terlanjur dipublish?

Mudah saja, silahkan brosis masuk ke ‘Dashboard’ pilih ‘All Posts’ dan pilih artikel mana yang akan dipenggal (sadis ya hehehe…) lalu pilih ‘edit’.

Langkah selanjutnya sama dengan langkah nomor 2 – 3 di atas lalu klik ‘Update’

Mudah bukan?

Baca Juga:

[display-posts tag=tips]

Advertisements

18 Comments

  1. Terima kasih bro Karis dari dulu saya ingin mencari tahu bagaimana memecah tulisan, akhirnya tersaji di blog RA. Saya bookmark dulu, akan saya praktekkan kalau mengganti thema blog 😉 .

Comments are closed.