Enduro 4T Untuk Sipio, Yang Racing Menyusul!

Pertamina Enduro 4T untuk Sipio
Pertamina Enduro 4T untuk Sipio

Akhirnya, Sipio ganti oli. Sempat kuatir dengan penggantian oli kali ini sebab kilometer sudah lebih dari 2000 km, tepatnya 2165 km, padahal biasanya RA ganti oli sipio di 2000 km. Padatnya kerjaan, karena mempersiapkan even di sekolah, membuat RA sering lupa ganti oli ketika ingat sudah malam, bengkel pada tutup. Mau ganti oli sendiri, males brosis hehehe…. Nah, seperti di postingan kemarin, RA berkeinginan untuk mencoba oli baru untuk sipio. Yup, pilihannya adalah oli anak negeri, Pertamina Enduro 4T,

Rabu kemarin (8/5) mumpung ingat, dari kantor RA segera meluncur ke bengkel yang berjarak 3 km dari rumah, tepatnya daerah Wringin Anom (depan lapangan bola), namun bengkel ternyata tutup. terus riding ke arah Panarukan, bengkel di depan pasar juga ternyata tutup (dalam hati bertanya-tanya “ki cino-cino do nandi koq podo tutup?”) akhirnya terus ke arah barat, alhamdulillah masih ada satu bengkel yang buka. melihat-lihat deretan oli yang dipajang, RA segera mengenali si Enduro 4T. Ada Enduro 4T 800 ml dan 1000 ml serta di atasnya ada Enduro 4T Racing 1000 ml. Jadi rada bingung mau pilih yang mana, biasa atau racing, racing atau biasa.

Lihat-lihat spek si oli, yang biasa SAE 20w-50 dan racing 10w-40. Artinya, dari sisi spesifikasi standar pabrikan untuk oli sipio jelas Enduro 4T biasa lebih pas, persis sama 20w-50, sedangkan yang racing lebih encer. RA sedikit trauma dengan oli yang lebih encer dari standar rekomendasi pabrikan, pengalaman ketika menggunakan BM1 SAE 10w-30 (mudah-mudahan tidak salah) mesin sipio jadi kuasar banget setelah 500 km pemakaian, jadi kapok. Akhirnya, RA pilih Enduro 4T seharga 31 ribu/800 ml, karena Sipio kudu nenggak 1200 ml, ya sudah belinya 2 botol 800 ml, jadi total 62 ribu rupiah plus pasang olinya. Oh iya, untuk yang Enduro 4T racing 1000 ml seharga 45 ribu.

Komentar Bro hoho ini yang bikin RA makin penasaran dengan Enduro 4T Racing
Komentar Bro hoho ini yang bikin RA makin penasaran dengan Enduro 4T Racing

RA berencana, setelah pakai Enduro 4T biasa ini dan melihat hasilnya selama 2000 km ke depan, akan mencoba yang racing. soalnya masih penasaran, apalagi ada sesama pemakai pio di komentnya mengatakan kalau pionya jadi lebih oke. Tetapi nunggu satu periode lagi ganti oli dengan Enduro 4T biasa, maklum masih sisa setengah botol (400 ml), jadi nanti hanya beli 1 botol (800 ml) saja.

Seperti apa hasil penggunaan Enduro 4T pada sipio? ditunggu saja brosis reviewnya, mudah-mudahan tidak lupa hehehe… oh iya, selama 16 km awal, terlihat kalau sipio lebih enteng tarikannya (tapi ini bisa jadi transisi perasaan efek oli baru dibanding sebelumnya yang memang sudah saatnya ganti). Lebih mantabsnya RA akan coba review ketika pemakaian 1000 km dan 2000 km nanti.

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Advertisements

20 Comments

  1. hehehe,semoga komen saya bisa menjadi pertimbangan om,saya tahap pemakaian enduro racing kedua,hari ini mau dipakai jalan jauh. Yg pertama kemarin dipakai manjat ke telaga sarangan enteng,suara mesin masih wajar meskipun mesin panas.

  2. kalo pake BM1 10 w – 30 ya keterlaluan lah broo, jauh banget tuh speknya, kasian mesin.
    kalo enduro racing masih mending ada di kisaran 10w40. dan masih cocok aja kok, di mesin memang agak sedikit kasar tapi gak parah kok, masih dalam toleransi. namanya aja oli encer.
    tapi ya itu rasanya tarikan lebih enteng. kerasa kok bedanya

Comments are closed.