Imbas Insiden Crimea, Amerika Serikat Tendang Rusia Dari G8. Gawat Nih Bisa Perang Dunia!

image

RiderAlam.com – Ketika negara kita lagi ribet dengan pesta demokrasinya, di luar sana ada momen yang menarik untuk diikuti, kalau tidak bisa dibilang agak mengkhawatirkan. Bagaimana tidak kuatir, ini ada ketegangan luar biasa antara Rusia dengan Ukraina terkait wilayah Crimea, Ukraina yang bergabung ke Rusia. Yang bikin lebih gawat adalah Ukraina adalah negara yang dijamin akan selalu dilindungi oleh Amerika Serikat.

Artinya adalah Rusia vs Ukraina juga berarti Rusia vs Amerika Serikat! Dua kutub kekuatan militer dunia yang dalam sejarahnya memang selalu bersaing sejak dulu ketika masih bergabung dalam Uni Sovyet. Perang terbuka bisa saja akan terjadi! Bahkan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan bisa ada perang dunia gara-gara Crimea.

Mungkin perang terbuka antara Rusia vs Amerika Serikat dan sekutunya masih akan lama terjadinya dan semoga saja memang tidak terjadi. Ngeri brosis kalau dua negara besar itu perang terbuka, kita yang akan jadi korban juga. Namun, indikasi memanasnya hubungan dua negara super power itu mulai nampak.

Ini salah satunya, Amerika Serikat menendang Rusia dari keanggotaan negara-negara industri terkemuka dunia, G8! Barrack Obama beserta pemimpin negara-negara maju lainnya sepakat untuk menendang Rusia dari G8. Dan serunya adalah respon yang dilontarkan Rusia pasca kelakuan Amerika Serikat tersebut. Apa itu?

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dalam kesempatan yang lebih awal mengatakan ditendang dari G8 bukanlah masalah besar. Nah lho, sebuah respon yang khas negara besar, no fear! Dan ini adalah sinyal lain dari pertentangan Rusia atas Amerika Serikat. Seru sekaligus mengkhawatirkan!

image

Seperti yang diketahui bersama Crimea adalah wilayah yang dulunya milik Ukraina dan selama dua pekan terakhir diambil alih Rusia. Nasib wilayah peninsula itu ditentukan oleh referendum. Dalam referendum warga Crimea -yang mayoritas merupakan etnis Rusia- disodori pilihan bergabung dengan federasi Rusia atau tetap berada di bawah Ukraina. Dan hasilnya penduduk Crimea akhirnya memilih untuk bergabung dengan Rusia. Di sinilah ketegangan dimulai.

Baca Juga:
[display-posts tag=umum]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Twitter: @karismapr
e-mail: karis.nsz@gmail.com

Advertisements

Comments are closed.