Impresi Riding Sipio Pasca Servis Di Bengkel Pinggir Jalan

Sipio makin liar setelah servis pinggir jalan

Sipio makin liar setelah servis pinggir jalan

Kenapa RA buatkan artikel tentang riding impresi ini? Hanya untuk sekedar membandingkan hasil servis di bengkel pinggir jalan (BPJ) dengan bengkel resmi (BeRes). Seperti yang sudah pernah RA ceritakan, sepanjang RA punya Sipio setiap servis pasti di BeRes, karena RA agak sedikit trauma dengan bengkel pinggir jalan.

Sedikit flashback, dulu ketika masih nyemplak Supra X keluaran 2001 sempat ganti stang seher di bengkel pinggir jalan, dan hasilnya setelah pemasangan itu si SuX jadi sangat tidak nyaman, tarikan ngempos, dll pokoknya jauh dari kesan motor sehat. Alhasil, pasca kejadian 4 tahun lalu itu, hingga kemarin RA berjanji tidak akan pernah ke BPJ kecuali terpaksa!

Sampai akhirnya, selama hampir 2,5 tahun dengan Sipio bolak-balik BeRes dan ternyata sampai terakhir sekitar 2 bulan lalu servis terakhir hasilnya biasa saja, hingga seorang teman kantor menyarankan BPJ dekat kantor. Dan karena masih rada kurang puas dengan BeRes, RA beranikan diri coba. Dan hasilnya, berikut impresi yang RA rasakan dengan Sipio.

Ketika RA coba lepas tangan saat riding, sipio tidak ada gejala serong ke kanan seperti yang sudah terjadi selama ini. Berarti setelan konis di stang sukses. Kemudian, yang paling bikin puas adalah tarikan sipio kembali enteng dan lincah, padahal biasanya ketika ke BeRes dulu, hasil efek servis kerasa paling lama sehari, setelahnya motor jadi kerasa berat lagi. Nah, yang di BPJ ini sekarang sudah hari ke-3 sipio masih enteng saja. Kesan liar saat gas ditarik menyenagkan hati sekaligus bikin ekstra waspada hehehe… Mengenai rem belakang, pastinya lebih pakem, lha wong kampasnya anyar ya kudu oke….

Tapi, namanya kerjaan manusia gak bakalan ada yang sempurna. Entah ini akibat servis atau pengaruh aki, saat ini ketika starter sipio dengan elektrik starter mesin tidak langsung hidup stabil. Jika starternya tanpa digas mesin akan langsung mati, baru kemudian distarter lagi sambil digas mesin akan langsam. Tapi, so far itu bukan masalah besar. Entah nanti….

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

e-mail: karis.nsz@gmail.com

Advertisements

16 Comments

  1. Entah ini akibat servis atau pengaruh aki, saat ini ketika starter sipio dengan elektrik starter mesin tidak langsung hidup stabil. Jika starternya tanpa digas mesin akan langsung mati, baru kemudian distarter lagi sambil digas mesin akan langsam.

    Itu wajar mas. Cuma masalah perbedaan setting mesin aja. Ngga ada hubungannya dengan aki. Sekedar share, saya punya dua BPJ langganan. Dua bengkel ini mekaniknya punya karakter berbeda. Kalo servis di bengkel yg satu, tarikan jadi standar, getaran mesin agak kasar, tapi gampang langsam (gampang nyalain mesin motor) dan cenderung boros bensin. Kalo bengkel yg satu lagi tarikan jadi enteng banget, getaran mesin halus, bensin lebih irit, tapi susah langsam dan mesin rawan mati di kecepatan rendah (harus pinter2 ngegantung gas). Intinya, semua ada kekurangan dan kelebihan, tinggal kitanya aja yg lebih suka settingan yg mana. Yang pasti, saya udah ngga pernah servis di BeRes.

Comments are closed.