Ini Alasan Mengapa Harus Memilih Tunaiku!

Pinjaman online semakin menjamur akhir-akhir ini. Kehadiran mereka seolah menjawab kesulitan keuangan masyarakat selama ini. Ketika mengusahakan pinjaman melalui perbankan atau koperasi begitu ribet dengan persyaratan, pinjaman online hadir dengan menawarkan banyak kemudahan.

Salah satu pinjaman online yang hadir di tengah masyarakat adalah Tunaiku. Tunaiku merupakan teknologi finansial atau FinTech pertama di Indonesia yang bergerak menyediakan pinjam uang online tanpa agunan. Didukung dengan teknologi dan data analytics canggih, Tunaiku mampu melayani dengan sangat cepat (24 jam) dan dengan persyaratan yang mudah.

Mulai beroperasi pada 2014, Tunaiku merupakan produk digital pinjaman tanpa agunan dari PT Bank Amar Indonesia Tbk yang dimiiki oleh perusahaan multinasional bernama TOLARAM.

TOLARAM merupakan perusahaan multinasional yang telah berdiri lebih dari 60 tahun. TOLARAM bergerak di berbagai bidang bisnis antara lain barang kebutuhan sehari-hari, pelayanan digital, energi, dan infrastruktur yang tersebar di Afrika, Eropa, dan Asia, dengan kantor pusat yang terletak di Singapura

tunaiku pinjaman online

Meskipun Bank Amar memiliki aset yang relatif kecil, namun kehadiran bank ini lewat produk Tunaiku cukup menarik. Karena Bank Amar salah satu bank yang pertama kali meluncurkan pinjaman online sebelum sekarang banyak fintech bermunculan menjual pinjol.

Karena berbasis perbankan, maka Tunaiku punya kelebihan yang tidak dimiliki seperti lebih aman karena tetap dalam pengawasan Bank Indonesia yang terkenal memiliki regulasi dan tata kelola yang prudent di perbankan.

Berikutnya, bunga pinjaman online yang lebih kecil dibanding pinjol lain. Karena sumber dana berasal dari masyarakat bukan dana investor seperti pada pinjol lain.

Keuntungan lainnya adalah plafon pinjaman yang cukup besar. Jika pinjol lain hanya di kisaran 5 juta, Tunaiku bahkan menawarkan hingga 20 juta. Tenor pinjaman minimal 6 bulan, maksimal 20 bulan.

Satu poin lagi yang membedakan Tunaiku dengan pinjol lain adalah saat pelanggan hendak melunasi cicilan pinjaman lebih cepat, maka tidak dikenakan bunga atau penalti.

tunaiku pinjaman online

Nah, dengan semua kelebihan dan fasilitas yang diberikan oleh Tunaiku, seharusnya ketakutan-ketakutan yang muncul selama ini tentang pinjaman online bisa direduksi.

Silahkan unduh dan pasang aplikasi Tunaiku melalui smartphone Anda di Playstore. Nikmati segala kemudahan yang ditawarkan.

Apa itu Fintech?

Fintech merupakan gabungan dari dua kata, Financial dan Technology. Gabungan dua kata tersebut biasa diartikan sebagai inovasi teknologi digital untuk mengubah dan mempercepat berbagai aspek pelayanan dalam jasa keuangan.

Sementara itu, Fintech Lending/ Peer-to-Peer Lending/Pinjaman Online merupakan layanan pinjam meminjam uang dalam mata uang rupiah secara langsung antara pemberi pinjaman dan penerima pinjaman yang berbasis teknologi informasi.

Dengan adanya Fintech, masyarakat tidak perlu lagi susah-susah meminjam ke Bank karena sudah bisa dilakukan dari rumah dengan menggunakan aplikasi melalui smartphone. Apalagi di tengah kondisi pandemi berkepanjangan saat ini, kehadiran Fintech menjadi krusial.

Tetap Waspada

Situasi dan kondisi yang serba sulit ini tidak jarang dimanfaatkan pihak-pihak penyelenggara pinjaman online untuk melakukan aksinya menipu masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari bermunculannya Fintech ilegal yang berwajah menawarkan bantuan namun ujung-ujungnya makin menyengsarakan.

Keberadaan fintech ini biasanya tidak diakui keberadaannya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Karena kegiatan tidak diawasi, banyak dari fintech ilegal ini yang melakukan kegiatan melanggar aturan, seperti melakukan pencurian data, menetapkan bunga sangat tinggi hingga melakukan teror dan ancaman pada nasabahnya.

Perhatikan Ini

Jadi, sebelum memutuskan memilih penyelenggara pinjaman online, pastikan cek dulu nama penyelenggara tersebut sudah terdaftar di OJK.

Selain itu, juga perlu diperhatikan apakah mereka juga memiliki kontak layanan konsumen. Fintech yang aman akan memberikan informasi terkait nomor telepon, alamat kantor dan email serta sosial media untuk nasabah menyampaikan pengaduan.

OJK memberi batas maksimal bunga pinjaman online sebesar 0,8% per-hari. Jadi, pastikan Fintech yang akan Anda pakai jasanya sudah transparan mengenai informasi terkait bunga, tenor dan biaya lainnya.

Jangan lupa setiap meminjam pelajari lebih dulu skema bunga, cara pembayaran, denda dan baca syarat dan ketentuannya. Hitung juga kemampuan Anda untuk membayar kembali pinjaman tersebut. Sebaiknya cicilan hutang tidak lebih dari 30% penghasilan agar pinjaman tidak beresiko gagal bayar.

Karena jika sampai gagal bayar Anda yang akan mengalami kerugian. Nama Anda akan di-blacklist oleh Bank Indonesia. Sehingga di masa depan Anda akan kesulitan untuk melakukan pinjaman online kembali.

tunaiku pinjaman online
Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.