Jadwal Sementara MotoGP 2013, Profesionalitas FIM!

Salah satu ciri sebuah profesionalitas organisasi acara adalah jauh-jauh hari sudah mempersiapkan rencana selanjutnya. Bahkan ketika acara yang sedang berlangsung belum selesai. Ini yang ditunjukkan oleh FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) lewat gelaran balap motor paling bergengsinya, MotoGP. Musim balap 2012 tahun ini masih tersisa 5 balapan lagi, namun FIM sudah merilis jadwal sementara untuk musim balap tahun depan. Wow…buat mereka itu adalah hal biasa, namun bagi sebagian orang di negara kita ini, termasuk saya, itu adalah sebuah profesionalitas yang harus gw bilang “WOW” gitu :D. Maklum, jika mau dibandingkan dengan event-event apapun yang sifatnya kontinyu tiap tahun di negara ini agaknya penyusunan jadwal bukan sebuah priorotas. Tengok saja apa yang terjadi dengan liga sepakbola Indonesia yang jadwal pertandingannya ngalor-ngidul alias kacau beliau, geser sana geser sini, tunda sana tunda sini hehehe…..udah ah capek bahasnya.

Well, back to topic…jika melihat jadwal sementara yang dirilis baik oleh FIM maupun oleh penasehat keselamatan MotoGP, Loris Capirossi, terlihat ada seri kedua dan ketiga yang masih kosong alias segera dikonfirmasi. Namun, nampaknya jatah dua seri ini tidak akan jauh-jauh dari milik MotoGP Argentina dan MotoGP Texas, seperti yang pernah diungkapkan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta awal tahun ini. Menariknya adalah jika benar Texas masuk dalam kalender, maka negeri paman sam itu akan memiliki 3 seri motoGP, setelah sebelumnya seri Indianapolis dan Laguna Seca. Wow…bahkan Italia pun sebagai “gudangnya” pembalap motor “hanya kebagian 2 seri, Mugello dan San Marino (kalau mau dipaksakan masuk Italia sih). Hanya Spanyol yang lebih banyak dari Amerika Serikat dalam hal jumlah seri, Jerez (5 Mei), Catalunya (16 Juni), Aragon (29 September) dan Valencia (10 November) adalah deretan tuan rumah MotoGP di tanah Spaniard. Bisa jadi ini adalah buah dari dominasi pembalap Spanyol di motoGP dalam 5 tahun terakhir.

Sirkuit Austin, Texas

Seri pembuka masih tetap di Losail, Qatar pada 31 Maret 2013 dan ditutup di Valencia, Spanyol 10 November 2013. Asia Tenggara lagi-lagi hanya diwakili oleh Sepang, Malaysia. Indonesia? WSBK saja ditunda terus masbro. Miris ya, negara sebesar dan sekaya ini nyaris selalu terbelakang dalam hal even internasional bertaraf dunia, ada yang salah pastinya dengan kita! Jika melihat jadwal tersebut, nampaknya seri Portugal telah dihapus dari kalender. Total seri adalah 19 seri, lebih banyak satu seri dibanding musim sekarang.

Last, jika jadwal musim depan sudah dirilis oleh FIM, tidak kalah pentingnya bagi kita, terutama saya, adalah stasiun televisi mana yang akan menyiarkan. Atau apakah masih ada tontonan gratis MotoGP di televisi nasional seperti yang sudah dilakukan oleh Trans7 sejauh ini? Mudah-mudahan masih ya masbro 😀

Berikut rilis resmi jadwal sementara MotoGP musim 2013

31 March Qatar Losail
14 April (segera konfirmasi)
21 April (segera konfirmasi)
5 May Spain Jerez de la Frontera
19 May France Le Mans
2 June Italy Mugello
16 June Spain Catalunya
29 June Netherlands Assen
14 July Germany Sachsenring
21 July US Laguna Seca
18 August US Indianapolis
25 August Czech Republic Brno
1 September Great Britain Silverstone
15 September San Marino Misano
29 september Spain Aragon Motorland
13 October Malaysia Sepang
20 October Australia Philip Island
27 October Japan Motegi
10 November Spain Valencia

Silahkan dikoreksi dan dikomentari, semoga bermanfaat!

Advertisements

12 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. FIM Rilis Jadwal MotoGP 2013, Argentina Terpental Dari Daftar! « KarisNSZ | All About My Mind

Comments are closed.