Kawasaki Resmi Rilis Z250SL, Harga Mepet Ninja Mono. Indikasi Harga Mono Bakal Naik?

image

RiderAlam.com – Di tengah hingar bingar kemunculan Yamaha YZF-R25, ternyata tanpa publikasi boombastis Kawasaki di penghujung bulan April secara resmi memperkenalkan motor barunya, Z250SL.

Bertempat di Central Park, Jakarta, naked bike dengan basis mesin Ninja Mono telah resmi diperkenalkan ke publik. Seperti biasa, tongkrongan naked bike a la Kawasaki memang oke punya. Garis desainnya yang sporty dan bodi yang terlihat tidak kopong terutama bagian mesin (impresi baru via gambar) bikin ngiler brosis. Naked memang sesuatu 😀

image

Secara spesifikasi, Z250SL bak pinang dibelah dua dengan Mono, power 20,6 kW dan torsi 22,6 Nm yang membedakan jelas adalah minus fairing. Mesin juga sama satu silinder DOHC 4 klep 250 cc atau tepatnya 249 cc dari konfigurasi bore 72 mm dan stroke 61.2 mm.

Yang terasa aneh adalah penetapan harganya. Kawasaki membanderol Z250SL termurah adalah 38,9 juta Rupiah untuk non ABS serta yang termahal adalah 44,9 juta Rupiah versi ABS. Bandingkan dengan Mono yang dibanderol antara 39,9 juta Rupiah dan 45,9 juta Rupiah. Alias hanya selisih 1 juta Rupiah. Masuk akal?

Anehnya di sini kenapa motor naked dengan motor fairing hanya berselisih 1 juta, padahal harga fairing Mono jelas tidak 1 juta. Apakah ini indikasi Kawasaki kadung terjebak dengan pricing Mono yang kemurahan atau  apakah seperti yang om kobay bilang ini adalah strategi untuk segera menaikkan harga Mono 3-5 juta Rupiah setelah Z250SL mulai didistribusikan Mei 2014 nanti?

image

Tapi, yang jelas Z250SL sudah launching untuk menemani Z250 dua silinder. Jadi, Kawasaki sudah memiliki line up komplit di kelas seperempat liter, hal yang belum dimiliki kompetitor. Honda masih setia dengan CBR250R import yang harganya makin menggila, malah belum ada terdengar desas-desus adanya CBR250 versi naked. Yamaha juga masih melakukan uji coba (test) R25 yang versi fairing juga belum ada kabar versi nakednya. Setidaknya hingga akhir tahun, Kawasaki akan berpesta sendirian di kelas 250cc naked bike.

Back to Z250SL, apakah kehadiran naked bike dari Mono ini merupakan hidden strategy dari Kawasaki untuk mulai menaikkan banderol Mono? Bisa jadi!

Gambar: Jatimotoblog, rudysoul.com

Baca Juga:
[display-posts tag=z250sl]
[display-posts tag=kawasaki]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Contact me on:
e-mail: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
whatsapp: +628 77 1 2727 000

Advertisements

17 Comments

  1. Kawasaki dikelas sebenernya ngga berpesta sendirian di naked bike 250, ada Suzuki Inazuma yg kurang laku dan KTM Duke 200/390 yg mempunyai pasar segmented sekali,kebetulan yg disebut terakhir juga single cylinder. Belom lagi Triumph Street Triple 250 dan Benelli BN302 dg cc 250 yg juga akan masuk di PRJ ini. Dan jangan lupa ada juga naked Megelli 250 SE yg single cylinder juga dan sangat segmented sekali,yg terakhir SYM Wolf 250 yg juga sudah dijual disini. So, sebenernya bukan merek jepang melulu (walaupun sebenernya made in Indonesia)yg ada naked kelas 250nya.

Comments are closed.