Ketika Yang Lain Berkibar, Beberapa Motor Ini Justru Siap-Siap Disuntik Mati

image

RiderAlam.com – Brosis, di tengah berkembang pesatnya dunia otomotif roda dua terselip sebuah kabar yang kontradiktif, yaitu dihentikannya produksi beberapa varian motor dari pabrikan-pabrikan besar semisal Honda dan Yamaha.

Banyak alasan ketika suatu produk dihentikan produksinya alias suntik mati, antara lain sudah ada varian terbaru, kebijakan internal produsen hingga respon pasar yang negatif. Nah, jika melihat beberapa produk motor yang sudah dan sedang akan dihentikan produksinya di bawah ini, nampaknya faktor penerimaan pasar yang tidak sesuai ekpekstasilah biang keladinya.

1. Bebek Matik Yamaha Lexam
2. Bebek Matik Honda Revo AT
3. Bebek Super Honda CS-1
4. Sport Touring Yamaha Scorpio
5. Sport Cruiser Honda Tiger
6. …..

image

Untuk bebek matik, rasa-rasanya inilah segmen roda dua yang paling gagal. Bukan lagi soal merk yang berpengaruh, namun teknologi kawin silang antara bebek (cub) dan skutik yang sangat tidak diterima masyarakat. Bicara bebek, tentu ada sisi kebutuhan dan gaya di dalamnya, dan jika bicara skutik jelas sisi kemudahan dan fungsionalitas dikedepankan. Namun, kedua faktor tersebut tidak bisa disediakan oleh bebek matik. Kolaps deh…

image

Lalu, jika melihat Honda CS-1 penyebab terbesar “penolakan” konsumen adalah dari sisi desain yang rada nyeleneh alias tidak umum. Desain antara bebek dan batangan serta bagian depan yang aneh membuat banyak yang malu memilikinya, akhirnya gak laku deh. Padahal dari sisi mesin dan performa CS-1 bisa dibilang di atas rata-rata bebek lainnya.

image

Lalu ada dua musuh bebuyutan yang mesra, Yamaha Scorpio-Z dan Honda Tiger. Yamaha Scorpio-Z diciptakan Yamaha dengan basic pemikiran penerus sang legenda Yamaha RX-King tapi versi 4 tak. Namun sayang, beberapa fitur seperti ambles dan desain yang kurang bisa diterima masyarakat membuat Yamaha Scorpio-Z perlahan ditinggalkan alias menjadi motor eksotik. Bahkan Yamaha sudah merencanakan tahun 2014 adalah tahun kematian klan scorpio. Honda Tiger juga siap-siap disuntik mati Honda.

image

Tiger pernah sangat berjaya di masanya bahkan penerimaan masyarakat sangat bagus. Namun, seiring kemunculan motorsport lain yang menawarkan teknologi canggih dan desain sporty, perlahan si macan mulai ditinggalkan. Teknologi jadulnya menjadi titik mati. Honda telah berancang-ancang untuk mengganti Tiger dengan motor 250 cc naked.

So, bagi brosis pemilik motor-motor di atas siap-siap saja motor brosis “naik derajat” jadi motor antik heheheehe…. siapa tahu 5, 10 atau 20 tahun lagi akan menjadi benda koleksi bernilai tinggi :D. Oh iya, apakah brosis bisa menambahkan daftar di atas? Monggo….

Artikel Terkait:
[display-posts tag=lexam]
[display-posts tag=revoat]
[display-posts tag=tiger]
[display-posts tag=cs-1]
[display-posts tag=scorpio]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

email: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
whatsapp: +6287712727000

Advertisements

3 Comments

Comments are closed.