Kopi, Kopi dan Kopi!!

Sedikit share tentang minuman favorit saya nih masbro, mungkin minuman ini juga banyak menjadi favorit masbro sekalian. Minuman ini bernama kopi. Yup, kopi atau coffee in English saat ini telah naik kelas dari sekedar minuman warung pinggir jalan menjadi sebuah gaya hidup modern. Lihat saja, nyaris di setiap mall akan dengan mudah kita jumpai spot-spot penjual minuman berkafein ini. Warna hitam dari kopi yang sudah diseduh dengan air panas menjadi sensasi merekatkan hubungan silaturrahim. Nah, ini ada sedikit informasi tentang kopi yang saya dapat dari mention @blogdokter, check this out

Kopi adalah minuman berkafein yang paling popular dan banyak dikonsumsi oleh mereka dari berbagai kalangan.  Hingga saat ini produksi kopi dunia mencapai 7 juta ton per tahun, sedangkan konsumsinya mencapai 500 milyar cangkir per tahun. Wuihh…that’s the fact! Selain itu, kopi telah ditanam di 50 negara dengan menyerap tenaga kerja sebanyak 25 juta pekerja, sebuah angka fantastis dari sektor agronomi. Negara produsen terbesar di dunia adalah Brazil. Diperkirakan ada sekitar 4 milyar tanaman kopi di negaranya Pele tersebut dengan produksi mencapai 2,25 juta ton/tahun ck..ck..ck.. Indonesia sendiri merupakan produsen kopi terbesar ke-4 di dunia dengan kemampuan produksi 682 ribu ton per tahun. Tepuk tangannya manaaa….

Nah, jika Brazil merupakan Negara produsen kopi terbesar di dunia, maka Finlandia adalah negara dengan konsumsi kopi terbesar di dunia dengan rata-rata konsumsi 12 kg kopi per orang per tahun, woww… Mau tau kehebatan kopi lainnya masbro? Perhatikan ini, setiap hari ada sekitar 1,7 milyar cangkir kopi yang dikonsumsi orang di seluruh dunia, sedangkan minuman bersoda “hanya” 1,6 milyar kaleng, hebat kan??!! Dari 1,7 milyar cangkir konsumsi kopi per hari, 65% atau sekitar 1,1 milyar cangkir diantaranya dikonsumsi di pagi hari. Masuk akal sih masbro, karena banyak orang merasa lebih bersemangat bekerja dengan “bekal” secangkir kopi hangat setelah sarapan. What about you? I am yes!!

Meminum kopi memiliki anggapan berbeda antara pria dan wanita masbro, jika pria menganggap minum kopi penting untuk fokus bekerja, sementara bagi wanita minum kopi memiliki tujuan untuk bisa lebih rileks. Buat saya, meminum kopi adalah untuk menambah semangat mencari wanita huahahahaha…. semangat!

Berbagai penelitian terkait efek konsumsi kopi telah banyak dilakukan. Hasilnya seperti sisi mata uang, ada dampak negatif dan positif dari meminum kopi. Hasil studi mengatakan bahwa zat yang terkandung di dalam kopi dapat meningkatkan kadar kolesterol. Selain itu, dari ekitar 1000 zat yang terdapat di dalam kopi, 19 diantaranya dikenal sebagai zat karsinogenik alias penyebab kanker, ihhhh…serem juga ya. Nah, kalau dampak yang satu ini bisa langsung terlihat oleh orang lain masbro, yak…meminum kopi dapat membuat gigi menjadi kuning. Gawat juga ya kalau dalam rangka mencari wanita hahahaha…!

Tapi tenang masbro, ternyata banyak juga lho sisi baik dari mengkonsumsi kopi. Simak baik-baik, minum kopi dapat menurunkan resiko terkena penyakit Alzheimer alias pikun parah! Alzheimer ini sampai sekarang belum ada obatnya masbro, jadi untuk mencegahnya ya disarankan minum kopi. Selain itu, minum kopi juga menurunkan resiko kematian akibat gagal jantung karena para ahli menduga ada zat di dalam kopi yang berfungsi sebagai obat penyakit jantung dan insomnia. Kopi juga dapat menurunkan resiko penyakit dibetes tipe 2, nah untuk penyakit ini silahkan masbro googling sendiri ya hehehe…

Buat masbro yang berumur 40+, minum kopi dapat menurunkan resiko terjadinya radang sendi Gout (nah lho apalagi ini…). Sudah? Belum masbro, masih ada lagi manfaat minum kopi, yaitu melindungi liver atau hati dari sirosi dan kanker, penyakit kelas berat semua nih… Selain itu, kafein di dalam kopi juga dapat membantu meningkatkan efektivitas obat pereda sakit. Ngomong-ngomong soal kafein, jenis kopi tubruk memiliki kandungan kafein tertinggi dibanding secangkir kopi jenis lainnya, yaitu sekitar 150 mg kafein.

Well, itu tadi sedikit informasi tentang kopi. Jadi, mulai sekarang tidak usah terlalu kuatir untuk mengkonsumsi kopi, walaupun ada efek buruknya, namun masih jauh lebih banyak manfaatnya tuh. Yang terpenting adalah kita meminumnya jangan berlebihan. Beberapa ahli mengatakan secangkir kopi sehari sudah cukup, namun ada juga yang mengatakan kita masih aman untuk minum kopi sehari 2 cangkir. Saya pribadi membatasi diri minum kopi cukup secangkir kopi dalam sehari, ya paling banyak dua cangkir saja. Yang penting jangan minum kopi sambil merokok dan makan kacang, susah mabro, bayangkan saja mulut kita dijejali kopi plus rokok plus kacang dalam sekali kerja hahahaha….kidding. Oh iya, sekedar mengingatkan, para ahli kesehatan mengatakan bahwa kombinasi kopi + rokok adalah kombinasi terbaik untuk membuat kita semakin dekat dengan Sang Pencipta alias mati!

Silahkan dikoreksi dan dikomentari, semoga bermanfaat!

** Oh iya bagi masbro yang berminat dengan Kopi Luwak khas Situbondo, saya bisa menyediakan dengan kemasan 100 gram harga Rp. 90.000,-/100 gram. Hehehe….jualan dikit buat beli oktan 92

Advertisements

17 Comments

  1. maka tak heran kebutuhan konsumsi perkapita di tiap negara hampir tidak pernah berkurang.
    kalo saya mah ngopi kadang kala disaat lagi mau aja pengen ngopi, jadi alhamdulilah gk terlalu sering takut berefek tidak baik bagi kesehatan…..

  2. wah klo saya sih dah kecanduan masbrow… setiap pagi sarapannya kudu ad kopi( sukanya si yg instan n g berampas gtu) jd kn siangnya g ngantuk gitu

Comments are closed.