Lebih Aman Tidak Pakai Helm Dalam Kondisi Ini…

image
Banyak Manfaat Helm

Brosis, helm merupakan safety gear yang berfungsi melindungi kepala andaikan terjadi benturan. Selain itu helm juga wajib dipakai jika tidak ingin ditilang petugas ketika ada operasi tertib lalu lintas. Intinya, helm sangat dibutuhkan dalam kondisi apapun kecuali untuk kasus tertentu yang justru jika dipakai akan membahayakan si pengguna. Koq bisa?

Bisa brosis, jika itu dilakukan di wilayah-wilayah rawan kejahatan, misalnya di jalan desa yang kanan-kiri nyaris sepi, tidak ada perumahan. Hal itu semakin berbahaya ketika jalanan banyak lobang sehingga kendaraan tidak bisa dipacu kencang, resiko terjungkal kalau dipaksa. Terus apa hubungannya dengan helm?

image
Jalan Desa Yang Sepi Rawan Kejahatan

Begini, jalan yang menghubungkan antar desa biasanya dilewati oleh penduduk kedua desa tersebut, dan jika mereka naik motor biasanya lagi sangat jarang pakai helm. Artinya jika ada orang naik motor dan  tidak pakai helm bisa disebut adalah warga sekitar. Nah, jika brosis harus melewati daerah dengan kondisi tersebut, apalagi dalam kondisi mulai gelap, tidak ada salahnya mengkondisikan menjadi seperti warga sekitar area tersebut, yaitu tidak usah pakai helm. Untuk sementara tidak apa-apa berkendara tidak safety toh demi keselamatan juga.

Kenapa saya bisa bilang seperti di atas, karena berdasarkan kondisi di sebuah jalan antar desa di wilayah saya yang sempat rawan. Nah, warga sekitar menyarankan seperti yang dipaparkan di atas agar tidak menjadi korban kejahatan. Percaya atau tidak, walau saya tidak pernah mengalami, tetapi secara logika saran tersebut ada benarnya, tidak pakai helm di jalan desa yang sepi agar tidak terlalu mencolok terlihat sebagai “orang asing”. Boleh percaya boleh tidak. Atau ada yang punya pengalaman seperti di atas, share yuk!

Silahkan dikoreksi dan dikomentari, semoga bermanfaat!

Advertisements

21 Comments

  1. suka banget ama artikel ini,,,
    memang kadang kalo pake helm di daerah pedesaan suka dianggep orang jauh, bahaya banget, malah kalo gak pake helm anggepannya warga sekitar, aman deh dari gangguan penjahat, yg pernah ngalamin pasti paham

  2. Betul masbro, di daerahku Kejobong namanya (terkenal “gudangnya” maling dan reputasi buruk lainnya), riding di malam hari (mulai sehabis jam 8 malam sampai jam 6 pagi) lebih aman (dari kejahatan) dengan tidak pakai helm, karena dianggap warga sekitar atau masih satu kecamatan. Kalau pakai helm siap2 saja motor dan barang bawaan ludes 🙁

Comments are closed.