Mau Boyong Motor Tahan Banjir, Perhatikan Tips Berikut!

image

RiderAlam.com – Brosis, setiap musim hujan datang nyaris selalu diwarnai banjir dimana-mana. Itulah Indonesia, negara tercinta kita ini. Alhasil, tidak hanya rumah yang tidak bisa ditinggali, namun kendaraan bermotor pun jadi rentan rusak.

Nah, ini ada sedikit tips dari Yamaha untuk memilih motor yang tahan banjir, tentu saja bukan banjir yang setinggi stang motor ya hehehe…. ya,walaupun Yamaha yang memberi tips dan biasanya arahnya untuk memilih motor produk mereka, namun setidaknya ada gambaran tentang motor yang tahan banjir. Cekibrot….

Pertama, air intake system yang letaknya tinggi. Konstruksi saluran udara masuk menuju mesin dan CVT yang tinggi berfungsi mengurangi resiko dari cipratan air dan kotoran tanah

Kedua, filter udara tipe basah yang mampu menyaring debu ukuran kecil, apalagi tanah campur air ketika banjir

Ketiga, konstruksi lubang muffler (knalpot) dengan posisi lebih tinggi mengurangi risiko kemasukan air. Dilengkapi lubang pembuangan air yang mencegah air tergenang di dalam muffler dan mencegah karat.

Keempat, Menggunakan water proof coupler & cap untuk komponen
kelistrikan (ECU, spark plug, MAQS) lebih aman dari korsleting. Kalau yang ini teknis banget, harus nanya ke yang sudah pengalaman menggunakan motor jenis tersebut.

Kelima, letak aki yang tinggi. Komponen kelistrikan ini rentan terhadap air, jadi sebaiknya cari motor dengan posisi aki yang tinggi, di bawah jok misalnya.

Baca Juga:
[display-posts tag=tips]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Twitter: @karismapr
e-mail: karis.nsz@gmail.com

Advertisements

Comments are closed.