Menyoal Recall Toyota, Kenapa Indonesia (Selalu) Bebas Recall?

image

RiderAlam.com – Setiap kali ada merk mobil atau motor di recall karena cacat produksi sehingga membahayakan keselamatan pengemudi atau pengendara, kenapa yang di Indonesia selalu dan selalu bebas recall?

Pertanyaan itu sering sekali muncul dan mengemuka saat ada kabar tentang penarikan kembali (recall) sejumlah mobil atau motor di luar Indonesia yang kebetulan di Indonesia juga ada unitnya. Seperti yang lagi ramai diberitakan tentang Toyota yang melakukan kampanye recall untuk 6 juta lebih mobil produksi mereka di seluruh dunia. Kebetulan ada beberapa varian yang di Indonesia juga dijual yaitu Fortuner, Innova, Yaris, Corolla dan Camry.

Ajaibnya, lagi-lagi seperti yang sudah-sudah, varian yang ada di Indonesia bebas recall.

Kami di TAM sudah mendapatkan konfirmasi resmi dari TMMIN untuk Fortuner dan Innova di Indonesia terbebas dari recall

GM Corporate Planning and Public Relations PT Toyota Astra Motor (TAM)

BANYAK ALASAN yang dikemukakan perihal bebas recallnya unit di Indonesia, mulai dari tempat produksi yang berbeda hingga item yang mengalami cacat produksi memiliki spesifikasi yang berbeda.

Jadi muncul pertanyaan lagi setelah pertanyaan di kalimat pembuka tulisan ini:

Apa benar mobil atau motor produksi atau yang dijual di Indonesia memang bebas recall? Atau jangan-jangan ini hanyalah akal-akalan produsen yang tidak mau bertanggung jawab atas cacatnya produk mereka, toh gak ada konsumen yang komplain di negeri ini?!

Apa benar mobil atau motor produksi atau yang dijual di Indonesia semuanya sempurna, tanpa cacat sehingga tidak ada yang bisa kena recall? Padahal merk dan nama varian sama persis dengan yang direcall di luar sana. Hebat dong!

Atau jangan-jangan standar keselamatan di luar sana memang sangat tinggi dan di Indonesia rendah. Sebut saja misalnya dari skala 0-10, standar mereka 9 dan Indonesia 4, sedangkan mobil atau motor yang direcall memiliki standar 10 jika tidak direcall bisa menurun hingga 6, bukannya masih aman buat di Indonesia?

Heemm… beginilah nasib negara yang terlalu gampang berkompromi dengan “penjahat” berkedok demi pemasukan kas negara, sehingga nyawa rakyatnya menjadi tidak lagi penting dibanding uang! EN DO NE SAH!!!

Baca Juga:
[display-posts tag=indonesia]

Silahkan dikoreksi dan dikomentari, semoga bermanfaat!

email: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr

Advertisements

13 Comments

  1. ya , bro mobil ku nabrak , nga keluar airbagnya fortuner 2013 , gw claim di anggap angin lalu , gw somasi 1 pakai pengacara ,dianggap angin lalu juga , ini susulan somasi ke 2 , coba liat hasilnya nanti , …..
    ntar gw iklanin ke kompas ama fotonya 1 halaman penuh , kalau somasi gw yang ke 2 tidak di tanggapi …

  2. ternyata di indonesia bro, nga ada fasilitas buat test crash and airbag atau abs nya ?
    tapi kok bisa lolos ya uji typenya ?,,,,,ha,,,ha,,,ha,,,
    hati hati bro ketipu kalau beli mobil di sini …….lulus tes ini test itu ….nyatanya nga pernah test
    …..
    ini cucok buat KPK nangkep bro …..ha,,,,ha,,,,ha,,,

Comments are closed.