Merawat Pohon Mangga, Basmi Benalu Pengganggu!!

image

RiderAlam.com – Brosis, di tempat tinggal RA nyaris setiap rumah memiliki pohon mangga di halamannya. Entah apakah gara-gara ini desanya dinamakan Paowan. Pao dalam bahasa madura berarti mangga. Namun RA gak akan bahas itu, gak punya data soalnya. Yang coba dibahas adalah pohon mangga dan benalu, kebetulan di depan rumah RA ada sebuah pohon mangga jenis Gedong atau Gadung.

Pohon mangga gadung ini adalah satu-satunya pohon mangga yang ada di halaman depan rumah, sebelumnya sih ada pohon mangga arum manis, namun sudah ditebang gara-gara kena penyakit yaitu ulat pohon dan benalu!

Benalu atau kalau orang Situbondo bilang tette, adalah sejenis parasit pada pohon yang bisa menyebabkan kematian pada pohon yang dijadikan inangnya tersebut. Karena di daerah RA banyak pohon mangga, maka ya pohon mangga yang banyak diserang benalu. Benalu akan tumbuh di cabang dan ranting pohon. Awalnya sih pohon gak akan terjadi apa-apa ketika si benalunya mulai tumbuh. Namun, lama kelamaan si pohon bakalan sakit. Tanda-tandanya adalah daun mulai berkurang sehingga pohon terlihat gersang tanda lainnya adalah pohon menjadi susah besar alias pertumbuhannya lambat.

Hal tersebut bisa terjadi karena benalu merebut dan menghisap makanan untuk pohon itu. Sehingga unsur hara yang dibawa dari akar ke seluruh bagian pohon tidak akan sampai,keburu diambil si benalu. Lama-lama kelaparan, trus mati deh.

image

Oleh karena itu,satu-satunya pohon mangga gadung yang keluarga RA punya harus dirawat, salah satunya dengan membuang benalu-benalu yang mulai tumbuh di cabang dan ranting pohon. Biasanya tumbuhnya di cabang dan ranting bagian atas, asli bikin susah buangnya. Jumlahnyapun cukup banyak brosis. Cara membasminya simpel saja, potong saja bagian cabang dan ranting yang sudah terjangkiti benalu hingga benar-benar bersih tidak ada lagi akar benalu yang menempel. Lumayan sore-sore berkeringat…

Nah, kalau sudah bersih dari benalu jadi enak, tinggal menunggu berbuah lagi. Uhuiii….

Baca Juga:
[display-posts tag=lingkungan]
[display-posts tag=situbondo]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Twitter: @karismapr
e-mail: karis.nsz@gmail.com

Advertisements

1 Comment

  1. Saya orang awam di dunia biologi, khususnya benalu. Saya hanya pencinta tanaman. Tapi mungkin bisa diamati lebih saksama, bahwa bukan benalu yang menyakiti pohon inangnya. Benalu hanya tumbuhan yang hadir di kulit mati sebuah pohon. Jika pohonnya semakin sakit, maka kulitmatinya semakin tebal sebagai media tumbuh benalu. Pohon yang sakit, biasanya kekurangan air, kulitnya pecah-pecah; umumnya berwarna hitam. Ciri-ciri tersebut menunjukkan, bahwa pohon yang bersangkutan sedang sekarat. Bila pohonnya disehatkan, pohon akan melepaskan kulit matinya sehingga benalu tidak punya pijakan untuk menumpang. Bila pohon mulai sehat, kulit batang atau rantingnya akan menghalus yang disertai oleh sekaratnya benalu. Semakin sehat pohonnya, maka benalu akan semakin layu dan menguning hingga terlepas dari pohon inangnya. Hal yang terpenting dari komentar ini adalah : “Benalu adalah tumbuhan pemberi isyarat-sensor, bahwa pohon yang ditumpanginya sedang sakit, bukan biang kerok (pandangan keliru hingga saat ini)”. Pohon selalu memberi buah, maka rawat dan penuhi kebutuhan asupannya. Kebanyakan manusia sangat egois. Hanya ingin buahnya, tapi tidak berkenan bertenggangrasa memenuhi kebutuhan makan sang pohon. Peace…, salam kenal.

Comments are closed.