Mobil Terlaris Dunia Bukan Lagi Toyota!

image

Rideralam – Sedikit OOT nih brosis. Kali ini kita bahas tentang mobil, tapi bukan soal urusan teknis melainkan soal data statistik penjualan mobil dunia. Kita semua pasti paham kalau produsen mobil terlaris di dunia selama ini adalah Toyota. Pabrikan asal Jepang tersebut selalu merajai pasar dunia. Namun, di tahun 2015 ini kondisinya berbeda. Toyota tidak lagi menjadi raja mobil dunia! Siapa penggantinya?

Semester pertama 2015 ini mencatatkan angka 5,02 juta unit mobil merk Toyota yang terjual di seluruh pasar dunia. Sebuah angka yang sangat besar untuk banyaknya merk mobil di dunia saat ini. Namun, angka tersebut masih kalah dari 5,04 juta unit mobil yang terjual dari merk VolksWagen alias VW! Yup… VW telah resmi menjadi Raja Mobil Dunia, ya setidaknya hingga semester awal 2015 ini. Sebuah prestasi yang luar biasa mengingat target mereka sebenarnya adalah tahun 2018 untuk menjadi Raja Mobil Dunia. Bagi Toyota, capaian 5,02 juta unit tersebut sebenarnya mengalami penurunan sekitar 1.5% dari penjualan periode sebelumnya.

Faktor yang mendongkrak penjualan VW adalah kembali pulihnya penjualan mobil di negara asalnya, Jerman. Kembali bergairahnya penjualan di Jerman mampu menutupi melemahnya penjualan di China, salah satu negara tujuan utama mobil-mobil keluaran VW Group seperti Audi dan Porsche. Di Indonesia, VW juga ikut meramaikan pasar tanah air dengan varian Tiguan Hiline yang berdesain SUV kompak dengan banderol 400 jutaan Rupiah.

Sebenarnya para analis dunia sudah memprediksi akhir 2014 atau awal 2015 VW bakal merebut singgasana Toyota sebagai mobil terlaris dunia. Dan, analisa tersebut akhirnya menjadi kenyataan di semester awal 2015 ini. Pertumbuhan VW yang sangat pesat, terutama di China waktu itu menjadi dasar dari prediksi para analis dunia tersebut.

Apakah predikat Raja Mobil Dunia akan terus dipertahankan VW setidaknya hingga akhir tahun ini? Ataukah Toyota akan counter attack merebut kembali mahkota yang hilang? Kita tunggu saja “perang” keduanya. Tapi, yang jelas untuk di Indonesia Toyota masih the number one! VW? guremm…

[display-posts tag=mobil]

Contact me on:

email – karis.nsz@gmail.com
twitter – @karismapr
facebook – karis mauyy
instagram – @karismapr
blog – rideralam.com || sportupdate5.com

Advertisements

3 Comments

  1. Toyota penjualannya terdongkrak karna faktor kaleng kembar series yg mana tentu kualitasnya gak sebanding sama mobil VW XD

  2. BMW juga jadi salah-satu mereka yang paling menyita pasar sekaligus iklan, di mana mereka kerap eksis menjadi sponsor acara-acara akbar dan berkelas. Dengan karyawan sebanyak 100 juta orang di seluruh dunia, pada tahun 2014 saja perusahaan asal Jerman ini memproduksi lebih dari 2,1 juta unit.

Comments are closed.