Naik Kereta Api Ke Banyuwangi, Murah Lho!

naik kereta banyuwangi

Ada rencana menghabiskan liburan akhir pekan di Banyuwangi? Hanya dengan 56 ribu Rupiah Anda bisa melakukannya.

Kabupaten Banyuwangi merupakan kabupaten yang terluas sekaligus terletak di paling ujung timur pulau Jawa. Luasnya mencapai 6.782,50 kilometer persegi yang kawasannya terdiri atas dataran tinggi dan rendah.

Jika ingin mengunjungi Banyuwangi, Anda bisa mencapainya melalui jalur darat, udara dan laut. Banyuwangi sudah memiliki bandar udara berskala internasional yang telah diresmikan pada tahun 2010, bernama Banyuwangi International Airport dan berlokasi di Kecamatan Blimbingsari. Sedangkan jalur laut bisa Anda lalui dengan menaiki kapal laut di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

Untuk jalur darat bisa Anda tempuh dengan menaiki kendaraan pribadi (motor dan mobil) dan umum. Total Anda menghabiskan waktu di jalan sekitar 7 hingga 9 jam jika menggunakan transportasi darat seperti motor, mobil, bus maupun kereta. Untuk naik kereta ke Banyuwangi, Anda bisa memesan tiket baik secara online maupun offline (dengan membeli karcis langsung di loket-loket stasiun).

Kereta Api Termurah Seharga 56 Ribu Rupiah Menuju Banyuwangi

Salah satu moda transportasi umum di darat yang tergolong aman adalah kereta api. Dari Surabaya, terdapat beberapa kereta api yang rutenya menuju ke Banyuwangi, mulai dari kelas eksekutif hingga ekonomi. Terdapat 3 kereta yang menyediakan kelas eksekutif, yaitu Mutiara Timur Siang, Mutiara Timur Malam dan Wijayakusuma. Harga yang ditawarkan mulai dari 200 ribu rupiah.

Masih kurang murah? Cobalah naik kereta api kelas ekonominya! Fasilitas dan kenyamanannya tak jauh berbeda. Terdapat 5 KA yang menyediakan kelas ekonomi AC, yaitu Mutiara Timur Siang, Mutiara Timur Malam, Wijayakusuma, Sri Tanjung, Tawang Alun dan Probowangi.

Dari kelima nama kereta api tadi, KA Probowangi adalah yang memiliki harga paling murah. Dengan merogoh kocek sebesar 56 ribu rupiah, Anda sudah bisa menempuh perjalanan dari Stasiun Gubeng Surabaya hingga Stasiun Banyuwangi. Wow…

Walaupun KA ekonomi, tapi kualitasnya boleh dibilang bisa bersaing dengan yang kelas eksekutif. Semua kereta kelas ekonomi menuju Banyuwangi, termasuk yang termurah seperti KA Probowangi tetap difasilitasi AC.

Kamar mandinya pun terjaga kebersihannya. Tata letak kursi penumpang adalah 2 baris dan 3 baris dengan posisi saling berhadapan. Meskipun tempat duduknya tak bisa diatur sesuka hati dan tidak bisa diputar, namun cukup nyaman untuk duduk menempuh waktu sekitar 8 jam.

Pesan Tiket Online Secara Aman Dengan Traveloka

Jika Anda memiliki waktu dan tenaga, membeli tiket bisa dilakukan langsung pada loket yang tersedia di stasiun. Namun bila lebih suka cara yang praktis dan proses yang cepat, Anda bisa memesan tiket secara daring dengan mengunjungi situs travel online. Traveloka adalah salah satu penyedia jasa travel online yang anti ribet dan pastinya aman.

Di Traveloka, segala macam kebutuhan mengenai perjalanan Anda tersedia sangat lengkap, baik dalam negeri maupun internasional. Mulai dari pemesanan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus dan travel, booking penginapan seperti hotel dan apartemen, pembelian pulsa dan internet dalam atau luar negeri, antar jemput di bandara, asuransi, tiket bioskop dan masih banyak lagi.

Tarif yang terpampang di Traveloka adalah harga asli dan tanpa biaya tambahan apapun. Bahkan pada saat acara atau hari tertentu akan ada promo dan voucher. Pastinya ini akan menghemat budget perjalanan atau liburan Anda.

Cara Singkat Pesan Tiket Kereta Api Murah Ke Banyuwangi Via Traveloka

Tiket dari Surabaya ke Banyuwangi seharga 56 ribu rupiah di atas tadi bisa dipesan melalui Traveloka. Anda bisa mengunjungi situs traveloka.com atau download aplikasinya di PlayStore atau AppStore. Yang akan dijelaskan di sini adalah pemesanan via website.

Setelah halaman utama traveloka muncul di browser Anda, terdapat berbagai pilihan tiket. Karena Anda akan naik kereta ke Banyuwangi, maka Anda pilih “tiket kereta api”.

Ketik asal stasiun tempat Anda akan naik kereta, misalnya SGU untuk Stasiun Surabaya Gubeng. Lalu pilih stasiun pemberhentian Anda di Banyuwangi, misalnya BW untuk Stasiun Banyuwangi. Isi jumlah penumpang dan tanggal berangkat lalu klik “cari tiket”.

Maka akan muncul beberapa pilihan kereta api. Pilih Probowangi lalu selesaikan pembayaran. Anda bisa memilih beberapa metode pembayaran tiket dengan transfer, kartu kredit, mobile banking dan sebagainya.

Mudah dan tidak bikin pusing. Traveloka membuat rencana perjalanan Anda menjadi lebih mudah dan cepat, serta tentu saja terjangkau.

Advertisements