Nyobain Isi Gas Nitrogen Pada Envilan

image

Rideralam.com – Sudah lama sebenarnya ingin “dandani” tunggangan. Dandani yang sederhana saja namun bermanfaat seperti misalnya isi ban dengan nitrogen. Keinginan itu bahkan sejak masih miara Sipio, namun kala itu berhubung kondisi ban belakang rada-rada error (sering kempes) akhirnya niat itu diurungkan, bisa merepotkan kalau dipaksakan. Nah, saat meminang Envilan keinginan itu muncul lagi.

Setelah tanya sana-sini tempat atau bengkel yang menyediakan gas nitrogen di Situbondo, akhirnya baru kemarin disempatkan isi gas nitrogen di ban Envilan. Letak bengkelnya di Jalan Semeru, depan pasar hewan lama. Kebetulan saat kesana bengkel lagi sepi, maklum jamnya makan siang. Beruntung masih ada pekerjanya yang standby.

Setelah bilang maksud untuk isi nitrogen, montirnya menyebut angin nitrogen, pertama adalah membuang isi ban sebelumnya. Ban standar pabrikan isinya adalah gas Oksigen. Setelah kuras habis oksigen, baru gas nitrogen mulai dimasukkan. Tekanan ban untuk depan diset 30 psi dan belakang 35 psi.

image

Ketika diperhatikan, tekanan angin nitrogen diset angka segitu di penunjuk digital, namun pas diisikan ke ban tekanan dilebihkan hingga 40 psi (depan) dan 45 psi (belakang). Lalu, perlahan mulai dikurangi hingga ke angka 30 psi dan 35 psi. Agak kuatir juga awalnya koq tekanan ban sampai sebesar itu, ternyata itu adalah teknik yang benar untuk pengisian awal gas nitrogen. Jadi, itu usaha untuk setidaknya agar di dalam ban benar-benar hanya gas nitrogen. Good job!

Sedikit ngobrol dengan pak montir, RA tanyakan apa bedanya angin nitrogen dengan angin biasa. Beliau menjawab simpel dan singkat, angin nitrogen lebih ringan dan lebih mendinginkan ban (eh gak singkat juga sih ya :D). Dan, setelah RA baca lebih detil di mbah gugel, memang benar ada banyak kelebihan pemakaian gas nitrogen. Selain dua hal tadi, kelebihan lain dari gas nitrogen adalah tekanan ban lebih lama, lebih stabil, bikin irit BBM, memperpanjang usia ban, dan tidak menimbulkan reaksi oksidasi penyebab karat. Kekurangannya? Jelas ada yakni harga lebih mahal serta belum meratanya bengkel yang menyediakan gas nitrogen.

image

Oh iya, untuk pengisian awal gas nitrogen Envilan cukup membayar 10 ribu Rupiah saja. Memang lebih mahal dari isi angin oksigen yang hanya 1000-2000 Rupiah namun mengingat banyaknya manfaat ban dengan gas nitrogen, maka harga segitu menjadi tidak berarti. Lalu, bagaimana impresi riding setelah isi gas nitrogen? Entah hanya sugesti atau memang kenyataan, laju Envilan terasa lebih ringan dan anteb!

Baca Juga:
[display-posts tag=envilan]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Contact me on:
e-mail: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
whatsapp: +628 77 1 2727 000

Advertisements

21 Comments

    • Begini masbro, dengan isi gas nitrogen, kemungkinan ban jadi kempes kecil sehingga ban selalu prima napak ke aspal, nah jika sudah begini maka performa motor akan enteng, tidak perlu tenaga besar untuk menggerakkan dalam kecepatan terntentu sehingga efeknya konsumsi bbm juga sedikit. Bingung ya? Heheheh

  1. Wancak =)) ane ternyata kurang ngisi nitrogennya. Depan 23 psi, belakang 25. Panter kuempes bangwt =))

Comments are closed.