Oli Castrol 4T 20W-40 Buat Si Pio

Bro, Si Pio saya sudah waktunya ganti oli, walaupun belum sampai 2000 km tapi sudah di atas 1500 km pemakain oli sebelumnya. Nah, biasanya ganti oli dilakukan sekaligus dengan service resmi di beres Yamaha, namun skrg saya pikir belum waktunya nyervis gratis yang terakhir, masih 2000-3000 km lagi, jadi waktunya untuk nyoba oli lain selain yang selalu dipakai, yaitu oli Yamalube 4T.

Si Pio biasanya pakai oli dengan tingkat kekentalan 20W-40SAE, nah berbekal itu tnggal mencari jenis olinya, semi sintetik atau sintetik, sebenarnya pengen nyoba yang full sintetik, namun di toko spare part yang didatangan ternyata tidak ada oli sintetik merk apapun dengan tingkat kekentalan itu. Yang ada dengan tingkat kekentalan di bawah20W. Akhirnya saya pilih Castrol 4T 20W-40 katanya sih semi sintetik. Gpp deh sekalian nyoba-nyoba.

Kapasitas oli mesin Si Pio berhubung 1,2 l, jadi saya beli 2 botol dengan isi 800 ml. Jadi sisanya yang 400 ml akan digunakan pas ganti oli lagi besok-besok. Baru setelah itu beneran tak cari oli sintetik, pengen tau bedanya di performa dan suara mesin hehehe….

Bro sekalian,bisa berbagi pengalaman dengan oli sintetik? saya mengharapkan sarannya. Terima kasih

Advertisements

12 Comments

    • hehehe…full syntetik bisa di kisaran 100 ribu ke atas mas bro, sebenarnya aga mubadzir sih pake yg full sintetik untuk motor harian, kecuali untuk balap. Tapi memang ingin nyoba aja. Blm ketahuan nih hasilnya pake castrol ini,, tp so far kalau saya rasakan mesin jd sedikit lebih halus dan tarikan lebih enteng (dikit tapi…dan masih baru olinya, entah kalau dah 500km keatas)

  1. castrol juga ada kan yang full sintetik.. Di tempat ane pekanbaru kemarin ane tanya 70 ribuan lah.. Ane pemakai oli shell advance… Dulunya yang VSX sekarang yang ultra full sintetik… Pernah juga pake castrol power1 tapi masih mantapan VSX… Nah kalo yang full sintetik shell ini.. Maknyos banget… Saya sering pake di rpm tinggi gak putus2 30an km makanya pake yang full.. Motor ane CS1. Sudah 4 x pake nih shell advance ultra… Dengar2 pemakaiannya bisa ampe 7000 km.. Kalo gak slah pas ane baca di blog mas tri… Tapi ane ganti tiap 3000 an km… Warnanya masih agak kekuning2an… Saya perkirakan olinya masih bagus 50-40%… begitu mas ceritanya…

    • wah…lengkap. Iya Castrol juga ada cuma SAE nya tidak ada yg saya mau 20W-40. kalau km pemakaian sih saya ga berani kalau lebih dari 2000 km, ngeri dengan mesin. hehehe…begitu cerita saya

  2. Saya Pengguna Scorpio Z JUNI-2010

    Oli : SHELL ADVANCE ULTRA 10w-40 full synthetic.
    BBM : PREMIUM.
    Umur Pakai : 6500km lebih(8 BULAN BELUM GANTI OLI).
    Top Speed : 140Km/Jam.

    Part Tambahan : 2 buah 9POWER dan BUSI DENSO IRIDIUM

    komentar :

    + tidak didapati slip kopling, top speed dan akselerasi terjaga konstan.
    – volume oli berkurang cukup cepat karena gaya berkendara yang brutal (sering di rpm tinggi), maka solusi yang saya lakukan adalah mengecek level oli tiap minggu sekali, dan ditambah dengan sisa oli baru dalam botol(volume oli yang ditambah, menyesuaikan kebutuhan).

    catatan :

    oli yang saya gunakan : SHELL ADVANCE ULTRA
    jenis : FULL SYNTHETIC
    kekentalan : 10w-40
    sertifikasi : JASO MA-API SL

    saya membeli SHELL ADVANCE ULTRA 2 botol (masing-masing botol kemasan 1 liter)
    dari awal pengisian sampai berumur pakai lebih dari 6500km, tersisa 150ml dibotol,,dikarenakan untuk menambah kekurangan volume oli karena penguapan.

    akan saya ganti oli sampai batas maksimalnya(sampai oli tersisa-> habis).
    mungkin sampai 7500km pemakaian.

    saya sudah memiliki 2 botol
    SHELL ADVANCE ULTRA, dengan kemasan dan spesifikasi baru :
    jenis : FULL SYNTHETIC.
    kekentalan : 10w-40.
    sertifikasi : JASO MA 2-API SM.

    …aku siap untuk kencang….

  3. Kalo mau tau kualitas pelumas dari hasil gesekan nya dateng aja ke bengkel yang ada logo BM1 CENTER POINT. terus bawa sample oli yang biasa di pake di motor saudara. Bisa di adu sama oli merk lain dengan oli BM1

  4. pak, kalau untuk motor shogun 125 thn 2004 itu API SERVICE APA YA..?? SJ ATAU SL..?? Terus itu kekentalannya yg brp ya..?? dan kalau utk vixion 2012 fuel injection itu API SERVICE APA YA..?? terus itu kekentalannya yg brp ya..?? mohon info nya ke email saya. mervin.087884050368@yahoo.com thx.

    • SJ atau SL itu setahu saya adalah tingkatan kualitas oli, semakin ke arah Z huruf dibelakang S, semakin bagus kualitas olinya. Sebenarnya untuk oli apa yg bagus untuk motor tertentu ya yg sesuai spek dari pebrikan (SAE) bukan merk olinya

1 Trackback / Pingback

  1. Review BM1 Synthetic Motor Oil di New Scorpio Z « karis mauyy

Comments are closed.