Penjualan Suzuki Global Menurun, Haruskah Lebih Serius Garap Pasar Indonesia?

image

Suzuki melaporkan mengalami penurunan penjualan unit roda duanya di dunia untuk bulan Mei-Oktober 2013. Semester pertama tahun fiskal 2013-2014, Suzuki global hanya mampu menjual 1.056.000 unit sepeda motor turun dari periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 1.177.000.

Rincian penurunan sales motor Suzuki sebagai berikut:
1. Amerika 24 ribu unit dari tahun lalu 25 ribu unit
2. Eropa 30 ribu unit dari tahun lalu 32 ribu unit
3. Asia 848 ribu unit turun 12,1% dari tahun lalu

Yang menarik adalah di Asia, pasar terbesar mereka, Indonesia adalah negara dengan angka penjualan meningkat, padahal India dan China malah mengalami penurunan. Jadi, jika melihat data tersebut sudah seharusnya Suzuki serius untuk menggarap market tanah air.

Menurut RA, ada beberapa langkah yang mungkin bisa meningkatkan marketshare Suzuki di tanah air. Yang pertama adalah Suzuki seharusnya memisahkan divisi R2 mereka dari R4 agar bisa lebih fokus mengejar targt penjualan. Tahu sendiri, di Indonesia Suzuki roda empat dan roda dua masih dalam satu atap manajemen bernama Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang malah lebih fokus ke roda empatnya. Terbukti, market roda empat pabrikan berlogo “S” ini lebih moncer dengan produk-produk terbaiknya, sebut saja Ertiga.

Padahal Suzuki roda dua sudah memiliki amunisi mumpuni pada sosok Satria F1 alias Suzuki FU yang begitu digandrungi kawula muda tanah air.

Yang kedua, andaikan Suzuki R2 bisa memiliki kekuatan untuk menentukan arah pengembangan produk (walaupun masih dengan persetujuan prinsipal Jepang), maka beberapa produk unggulan mereka di masa lampau seperti Suzuki FXR150 bisa saja dilahirkan kembali. Market motorsport 150 cc tanah air lagi merekah-merekahnya, kesempatan besar nih.

Jadi, apakah Suzuki mau lebih serius menggarap pasar roda dua Indonesia? Tanya saja ke mereka!

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Sumber:
News – otomotifnet
Picture – tekekmeong

Baca Juga:
[display-posts tag=Suzuki]

email: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
whatsapp: +6287712727000

Advertisements

Comments are closed.