Cara Penulisan Alamat Penerima Dan Pengirim Paket Yang Benar

Mengirim paket adalah rutinitas yang sudah sering dilakukan pelaku bisnis jual beli online. Karena sudah biasa, maka melakukannya tidaklah sulit.

Namun, sebaliknya bagi yang baru menjalani bisnis ini, mungkin masih sedikit bingung. Terutama saat menuliskan alamat pengirim yang benar hingga penempatannya di paket.

Terdengar sepele, lha wong hanya menuliskan alamat pengiriman paket, apa susahnya? Mungkin itu yang terlintas bagi Anda yang sudah rutin melakukannya. Tapi bagi ‘pemain baru’ hal itu cukup menjadi penentu kesuksesan bisnis yang tengah dirintis.

Penulisan alamat yang benar pada paket, akan mempercepat pengiriman barang tersebut. Makin cepat paket diterima, makin puas si pembeli atau pelanggan. Bukan tidak mungkin, repeat order akan dilakukan. Semudah itu tapi cukup besar pengaruhnya.

Sebaliknya, jika kurang jelas menuliskan alamat atau bahkan sampai salah alamat, bisa jadi paket akan salah kirim, lalu butuh waktu lama lagi agar sampai ke alamat yang benar. Pembeli pun akan komplain dan ujung-ujungnya bisa ditebak, mereka akan kecewa dan tentu saja tidak akan membeli ke Anda lagi. Suram…

Penulisan alamat yang benar pada paket atau dokumen yang akan kita kirimkan juga memudahkan pihak ekspedisi macam Pos Indonesia, JNE, J&T, SiCepat, Ninja Xpress, dan ekspedisi lain dalam mendistribusikan barang. Menuliskan alamat pengiriman yang benar bukan hal sepele. Tidak hanya berlaku untuk pengiriman dalam negeri, tapi juga ke luar negeri.

Memang, kendati kita menulis alamat pengiriman di amplop atau paket seperti apapun, petugas administrasi di jasa pengiriman Ninja Xpress, JNE, J&T dan ekspedisi lain pun tidak akan protes. Namun, tentu saja akan membuat proses entry data alamat menjadi agak lama.

Cara Penulisan Alamat Penerima Dan Pengirim Paket Dokumen

Penulisan alamat pengiriman (penerima dan pengirim) yang benar ada dua, pertama paket dokumen dan kedua paket kardus atau box.

Cara menulis alamat pengiriman (penerima dan pengirim) di dokumen menggunakan dua sisi dokumen, depan dan belakang. Untuk sisi depan, Nama Penerima, Kontak Penerima sesuai identitas, Nama dan Nomor Jalan, RT/RW, Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, Kode Pos.

Sedangkan untuk bagian belakang dokumen (amplop) dituliskan lengkap Nama Pengirim, Alamat, dan Kontak (No. Telp/Hp) sesuai identitas yang masih berlaku. Jika sudah benar sesuai dengan tujuan, silahkan dikirim.

Untuk cara menulis alamat pengiriman barang Ninja Xpress pada paket dokumen ini bisa Anda tulis tangan langsung di amplop. Tapi tidak masalah juga andaikan Anda menuliskannya menggunakan komputer dan dicetak di kertas kemudian ditempelkan ke amplop. Mungkin saja Anda kurang percaya diri dengan tulisan tangan sendiri.

Cara Penulisan Alamat Penerima Dan Pengirim Paket Kardus atau Box

Sedikit berbeda dengan paket dokumen, penulisan alamat penerima dan pengirim pada paket kardus atau box cukup menggunakan sisi depan atau atas kardus.

Untuk posisi, bagian kiri atas dituliskan Nama Pengirim, Kontak (Nomor Telp/Hp) sesuai identitas, dan Alamat Pengirim (Nomor dan Nama Jalan, RT/RW, Desa, Kecamatan, Kabupaten).

Sedangkan Nama Penerima, berikut Kontak (No. Telp/Hp) sesuai identitas, dan Alamat Pengirim (Nama dan Nomor Jalan, RT/RW, Desa, Kecamatan, Kabupaten, Kode Pos dan Negara apabila dikirim ke luar negeri) diletakkan di kanan bawah.

penulisan alamat paket

Penulisan alamat lengkap pengirim diperlukan apabila sewaktu-waktu terjadi kesalahan pengiriman atau sejenisnya yang mengharuskan paket dikembalikan ke pengirim.

Sedangkan, alamat penerima jelas harus lengkap agar bisa barang bisa diantar ke lokasi tujuan tepat sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Untuk penulisan alamat pada kardus atau box, Anda bisa tuliskan langsung di kardus menggunakan spidol besar. Atau bisa menuliskannya menggunakan komputer dan dicetak di kertas kemudian ditempelkan ke kardus.

Mengapa Penulisan Alamat Penerima dan Pengirim Harus Benar?

Ada beberapa alasan yang mengapa kita harus menuliskan alamat pengirim dan penerima paket dengan benar. Tentu saja, tujuan utamanya adalah agar barang yang kita kirim sampai ke tujuan dengan selamat dan tepat waktu.

Berikut ini beberapa alasan untuk mengirim barang mengapa kita harus menuliskan alamat dengan benar, baik pengirim apalagi penerima:

  1. Memudahkan petugas menyortir paket sehingga tidak nyasar yang bisa berakibat paket tidak sampai atau kalaupun sampai namun lama karena nyasar dulu
  2. Memudahkan kurir/pengantar/jasa ekspedisi mengantarkan barang ke tempat yang dituju atau alamat rumah yang dituju

Jadi, pengiriman paket ke sebuah tujuan sebenarnya tidak sulit. Kita sebagai pelaku jual beli online misalnya, hanya tinggal menyiapkan paket kita lengkap dengan nama dan alamat tujuan pengiriman.

penulisan alamat paket

Tentu saja, agar paket kita lebih cepat dan mudah sampai, penulisan alamat pengirim dan penerima paket menjadi wajib benar.

Advertisements