Plus Minus Pemasangan Oil Cooler di New Scorpio Z….??

Nyemplak Si Pio selama ini memang asyik-asyik saja. Dengan sedikit modifikasi ringan, link belakang diganti bagian connecting rod-nya lebih pendek sehingga buritan agak nungging sekitar 5 cm, body kit samping ganti warna menjadi senada bodi belakang yaitu hitam, stang ganti pakai punya si kebo sudah lumayan memenuhi keinginan. Walaupun masih ada keinginan untuk mengganti velg dan ban dengan tapak lebar, namun masih belum terlaksana, maklum untuk bagian kaki-kaki itu tidak sedikit dana yang dibutuhkan, kisaran 2 jeti lebih yang dibutuhkan. Angka rupiah yang sangat besar bagi Mauyy hehehe….

Ada satu bagian yang akhir-akhir ini agak mengusik keinginan Mauyy, yaitu racun tentang oil cooler. Si Pio memang sudah bawaannya memiliki mesin lebih panas dibanding mesin motor sejenis. Nah, ada teman yang nyaranin untuk memasang pendingin oli. Dia bilang, di bagian mesin si Pio sudah ada jalur khusus untuk memasang oil cooler, jadi tinggal PnP. Nah, yang bikin Mauyy agak ragu untuk masang part itu adalah ada beberapa komentar dari yang sudah pasang oil cooler, yaitu rawan bocor.

1. Apa benar pemasangan oil cooler rentan terjadi kebocoran?
2. Kira-kira berapa kisaan harga oil cooler?
3. oil cooler yang dipakai apakah sama dengan oil cooler di motor lain (ga tahu motor apa contohnya)?
4. Kira-kira apa efek terburuk dari pemasangan oil cooler untuk jangka pendek dan jangka panjang?
5. Seberapa efektif pemasangan oil cooler terhadap kondisi dan performa mesin?

Mas bro semua, Mauyy mohon share pengetahuan dan pengalamannya untuk pertanyaan-pertanyaan di atas. Terima kasih sebelumnya…

Advertisements

23 Comments

    • awet ato gak mah trgntg pemakai dan perawatan oli
      .kalo msalah kebocoran sya rasa tidak..karena setiap pemasang yg bersifat buat lewat oli semua pake ring tembaga.jadi gak akan bocor
      harga kisaran 500rb,di hidup baru motor ciledug jaksel

  1. salah satu suhu KSR di Surabaya, pio-nya pake lampu hid projector, 6 percepatan, oil cooler ex-moge, perangkat WrAin.. sejauh ini motornya baik2 saja, pio lansiran 2004..
    selama pemasangan oil cooler itu benar, gak masalah kok..

    • O gitu ya mas? Wah..jadi pengen kumpul2 di KSR, tapi sayang Saya bukan tipe yang suka touring, cuma dalam kota saja hehehe…Jadi, kuncinya cari mekanik yang betul2 rapi dalam pemasangan oil cooler ya? heemmm…dimana ya kalau Di Situbondo?…..salam kenal deh.

    • salken juga mas, di situbondo ada kaskuser yg juga member KSR gak? kalo gak ya ke surabaya aja 🙂 tapi oil cooler ex-moge minimal 700rb lhooo, oil cooler doank, blon sama pasang :mrgreen:
      aye sendiri bukan penunggang pio, tapi kadang2 suka sambit2an obeng ato kunci pas sama pemilik pio yang tadi aye maksud gara2 diracunin WrAin sama dia :mrgreen:

      • Nah ntu dia mas,kyknya ga ada tuh apalagi jarang liat yg pake si pio. Okay`, (y)
        (•̃͡-̮•̃͡)∫
        Ϛ ♥ ☺ķªª¥ 😉
        ☁/ ☁. «̶ː̖́[σ̲̅k̲̅e̲̅e̲̅][I̅α̲̅н̲̅][k̲̅α̲̅I̲̅σ̲̅н̲̅][b̲̅e̲̅g̲̅ι̅τ̲̅σ̲̅σ̲̅σ̲̅н̲̅] ː̗̀»̶ kapan2 kalo ada waktu tak maen ke sby. Btw,apa tunggangannya mas?

  2. Dulu jg pernah pake pio.sempet jg pengen pasang oil cooler,yg lg ngetren waktu itu oil coolernya satria 150.tapi dimensinya kecil,ga pas dgn scorpio.akhirnya ga jd pasang.takut resale valuenya anjlok gara2 dipasangi begituan.kan ga semua org nghargain modif yg seperti itu.akhirnya cuma tinggin shock belakang,pasang rear disk brake dan ban tapak lebar.alhasil jd makin gagah deh tu scorpio

  3. awet ato gak mah trgntg pemakai dan perawatan oli
    .kalo msalah kebocoran sya rasa tidak..karena setiap pemasang yg bersifat buat lewat oli semua pake ring tembaga.jadi gak akan bocor
    harga kisaran 500rb,di hidup baru motor ciledug jaksel

  4. salam PIO,
    saya pake oilcooler sat FU beli online 150rb, nipple2 cari yg sesuai, selang2 pake bridge kira2 0,75cm. tambah thermoswitch mobil, kasih fan processor 2 biji, jadi ada yg ngipasin kl panas.

  5. Susah cari ring tembaga standar oil cooler fu yg ane pasang di scorpio z,ada yg bs bantu kasi info?ring yg d bag masuk ke coolernya bro….

  6. sodara2 smua.. silahkan masuk ke halaman FB dgn nma Oil Cool Yamaha Scorpio. dstu lengkap puoooll, trmsuk pemesanan custom.

Comments are closed.