Poin Penalti Untuk Pebalap “Nakal” di Lintasan MotoGP

Penalty point Untuk Pebalap Nakal
Poin Penalti Untuk Pebalap Nakal

Balap motor paling prestisius, MotoGP musim 2013 memang masih beberapa bulan ke depan, tetapi pihak Dorna sudah ancang-ancang melahirkan aturan-aturan baru tentu dengan tujuan agar balapan menjadi semakin menarik, kompetitif dan fair. Salah satu peraturan baru adalah tentang sistem Penalty Point.

Sistem penalti poin ini akan diberikan kepada pebalap yang mempunyai apa yang mereka sebut perilaku buruk di lintasan. Misalnya bermanuver yang ilegal dan membahayakan pebalap lain dan melakukan kekerasan kepada steward. Sistem ini bukan mengurangi poin pebalap tetapi jika pebalap melakukan aktivitas yang buruk di lintasan, seperti misalnya yang disebut di atas, maka pebalap akan dikenakan hukuman penalti yang berupa angka.

Angka penalti ini akan berpengaruh terhadap next race si pebalap. Poin yang diberikan kepada pebalap untuk penalti ini mulai dari  1 – 10. Jika pebalap sudah mengumpulkan poin penalti sejumlah tertentu, maka akan ada hukuman yang dijatuhkan kepada pebalap tersebut mulai dari penurunan start posisi terakhir hingga dilarang mengikuti balapan.

Berikut skema poin penalti dan hukuman yang diberikan kepada pebalap:
* 4 poin penalti berarti pebalap akan start dari posisi buncit di balapan berikutnya
* 7 poin penalti berarti pebalap akan start dari pit lane
* 10 poin penalti berarti pebalap akan dilarang mengikuti balapan berikutnya.

Jika pebalap sudah memperoleh 10 poin, maka secara otomatis poin pebalap setelah menjalani hukuman akan dimulai dari 0 lagi untuk balapan berikutnya. Poin penalti ini tidak dibawa hingga musim balap berikutnya alias musim baru berarti start dari 0 poin penalti lagi.

Advertisements

9 Comments

  1. Sprtinya peraturan ini sdh terlambat.. Tapi sprti kata pepatah, better late than never.. 😀
    Yup, disiplin hrs ditegakkan..agresif di sirkuit boleh2 saja, tapi kl sdh smpai mmbahayakan pembalap lain, apalagi kl itu sdh dilakukan berulang2, layak utk mendpt penalti yg tegas..

  2. KOMPAS.com – Gaya membalap yang sangat agresif dan membahayakan bakal mendapat penalti yang setimpal mulai grand prix musim 2013. Penalti baru yang dikenakan pada sistem poin itu akan diperkenalkan kepada ketiga kelas di kejuaraan MotoGP mendatang.Poin yang diberikan antara satu hingga 10, tergantung kepada tingkatan pelanggaran yang dilakukan sang pebalap. Jika akumulasi poin pelanggaran seorang pebalap mencapai 10, maka dia dipastikan akan absen dalam satu seri balapan.

1 Trackback / Pingback

  1. Daftar Lengkap Pebalap MotoGP 2013, 7 Rookie Siap Show Off! « KarisNSZ | All About My Mind

Comments are closed.