Sembarangan Modifikasi Denda Menanti

modifikasi kendaraan

Memodifikasi kendaraan sesuai keinginan dilakukan banyak orang agar penampilan motor dan mobilnya lebih menarik. Namun, bila kendaraan yang dimodif tak sesuai peraturan, pemilik kendaraan dapat diberi sanksi.

Peraturan ini, tertuang di Pasal 50 ayat (1) tentang modifikasi kendaraan dipidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda Rp24 juta Pasal 277.

Modifikasi kendaraan bermotor tidak ada salahnya namun mesti sesuai peraturan berlaku, lalu pemilik kendaraan wajib lapor pada pihak kepolisian serta lembaga Perhubungan (Kemenhub).

Agar tidak ditilang serta denda mencapai puluhan juta rupiah, pemilik kendaraan baik mobil dan motor wajib menyimak ulasan berikut perihal aturan memodif kendaraan yang sudah dirangkum oleh asuransi mobil dan motor modifikasi online dari ASURANSIKU.id.

Modifikasi Suku Cadang Original

Bagian ini paling sering dimodif empunya mobil dan motor. Dengan merubah suku cadang lain dengan asal-asalan serta kualitasnya belum tentu baik. Berikut suku cadang yang sering dimodif, antara lain:

  1. Piringan rem tidak berkualitas. Performa rem menjadi kurang maksimal bila piringan tidak rata.
  2. Memakai ban berukuran kecil, akibatnya grip ban jadi berkurang dan tentu berbahaya ketika bermanuver.
  3. Spion diubah menjadi ukuran lebih kecil. Bahayanya membuat jarak pandang menjadi terbatas.
  4. Modifikasi jarak sumbu roda dapat memengaruhi handling pada motor.
  5. Merendahkan motor bisa bahaya sebab pengemudi lain tidak dapat melihat.

Mobil dan Motor Modifikasi Wajib Diuji

Jangan lupa setelah dimodifikasi, segera laporkan kepolisian dan Kemenhub. Sebelum disetujui, yang bersangkutan pengecekan kendaraan mulai dari uji coba fisik hingga kesesuaian modifikasi sesuai aturan yang berlaku.

Pengujian Fisik

Sebagai persyaratan teknis kelayakan jalan kendaraan baik mobil dan motor dalam keadaan yang lengkap maka motor atau mobil modifikasi harus dilakukan uji fisik.

Penelitian Rekayasa

Rekayasa kendaraan baik mobil dan motor dengan bak muatan yang dimodifikasi sesuai tipenya juga harus sesuai prosedur.

Jadilah pengendara mobil dan motor yang taat pada aturan. Meski kendaraan kesayangan sangat ingin dimodif, tidak ada salahnya tetap menaati aturan kendaraan yang berlaku di Indonesia.

Hal ini tentu tidak merugikan pemilik mobil dan motor. Selain terhindar tilang polisi yang pidana serta denda, harga aset kendaraan merosot jauh dikarenakan modifikasi kendaraan karena suku cadang, warna cat berlebihan bisa dipastikan mengurangi nilai jual.

modifikasi kendaraan
Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.