Setiap Punya Motor, Spion Kanannya Selalu Karat… Kenapa Ya?

image
Besi spion kanan korosif

Sedikit curhat sih sebenarnya. Bukan bermaksud BC atau sejenisnya, walaupun kalau dianggap BC juga gak masalah sih lha wong beli sendiri. Begini, setiap RA punya motor sejak New Scorpio Z tahun 2010, New Vixion Lightning tahun 2014 hingga NMax 2015 ini ada satu persamaan (sama-sama Yamaha dong) yaitu spion kanan  ketiganya sama-sama luntur cat hitamnya pada bagian besinya. Dugaan awal adalah kualitas besi penyangga spionnya jelek nih. Su’udzon dah pokoknya…. tapi, perkembangan terkini akhirnya membuyarkan prasangka itu.

Silahkan perhatikan gambar di atas, terlihat bahwa cat hitam pada bagian besi luntur. Efek selanjutnya adalah mudah ditebak, besi jadi gampang berkarat. Padahal pada bagian spion kiri, kondisi itu tidak terjadi…. cat masih mulus. Jika mencurigai kualitas cat yang jelek, masa iya hanya sebelah saja. Aneh bukan….

Ternyata jawaban dari kasuistik di atas adalah helm. Yup, ternyata akar permasalahannya adalah kebiasaan RA yang selalu meletakkan helm di spion kanan setiap parkir. Lho, koq bisa?

image
Tuh pelakunya

Helm yang selaku digunakan biasanya akan menyerap keringat dari kepala. Akibatnya, bagian dalam helm yang terdiri dari busa dan kain akan basah oleh keringat. Ketika helm diletakkan di spion, maka bagian kain akan bersinggungan langsung dengan besi spion. Bisa ditebak, keringat yang mengandung natrium (garam) akan membuat lapisan cat pada besi terkikis. Alhasil, saat cat pelindung karat hilang maka besi akan menjadi korosif.

Makanya, tidak heran sejak jamannya Sipio, Envilan hingga Genza spion kanannya selalu berkarat pada bagian besinya. Bukan karena kualitas besinya yang jelek namun karena efek oksidasi (jiaahhh… :D) besi ketemu garam. Karat brooo…. Jadi, jika brosis menemukan besi spionnya karat di satu bagian saja, mungkin penyebabnya adalah sama dengan yang RA alami. Solusinya? Kalau RA sih tak biarin saja hehehehe… makanya, jangan naruh helm bekas pakai di bagian berlogam ya…

image
Spion kiri baik-baik saja
Advertisements

16 Comments

  1. vixion saya bagian kiri….

    knp kiri, alasannya sama, klo lg bawa boncenger, helm boncenger saya cantolin di spion kiri, kenapa spion kiri karena spion bagian kiri jangkauannya lebih dekat ketimbang kanan saat kunci stang, sedangkan helm fullface saya sendiri lebih suka tenteng-tenteng dimasukkan lengan dijepit silangkan ke siku..

    ha..ha…ha..toss!

Comments are closed.