Si X yang seharusnya menghargai karya Si A

image

Rideralam.com – Apapun karya yang dihasilkan pada dasarnya bisa dinikmati oleh siapa saja, apalagi ketika karya tersebut sudah dipublikasikan ke khalayak ramai. Namun, tentu saja ada tata cara dan aturan yang berada dibalik kebebasan tersebut. Intinya adalah untuk memberikan sebuah penghargaan kepada si pencipta karya pertama.

Memberi watermark, menge-link-an ke sumber atau sekedar menyebutkan asal karya tersebut sebenarnya sudah lebih dari cukup. Atau bahkan secara lisanpun tidak masalah yang penting ada komunikasi yang terjalin antara si pencipta karya dan pemakai karya tersebut. Hal ini bertujuan agar tercipta suasana yang sama-sama enak.

Ambil contoh misalnya si A membuat sebuah desain produk yang berasal dari benda mentah, sebut saja hasilnya adalah produk AB. Ada unsur A yang merupakan hasil ciptaan dan kreasi si pembuat karya yang sebelumnya tidak ada. Lalu ada unsur B yang juga ditambahkan oleh si pembuat karya untuk mempermanis tampilan produk. Alhasil, terciptalah sebuah produk AB yang merupakan karya si A.

Lalu, suatu ketika ada si X yang membuat sebuah desain produk dengan sengaja mengambil basis desain produk AB tadi. Namun berkat keahlian si X, produk AB tadi dikreasi ulang sehingga menghasilkan produk AxB  yang masih memiliki unsur produk AB sebelumnya. Dan oleh si X produk AxB tadi diklaim sebagai karyanya, murni karyanya tanpa menyebut sumber produk awalnya. Apakah hal itu salah?

Dalam kasus di atas bisa dibilang si X salah alias kurang menghargai hasil karya si A. Sebab, produk dia, produk AxB, masih memiliki beberapa kesamaan dengan produk AB tadi. Seharusnya si X meminta ijin atau menyebutkan bahwa desain produknya bersumber dari produk AB milik si A. Apakah si X lupa menyebutkan sumbernya? Entahlah….

Artikel opo sih iki hahahahaha… dipahami sendiri lah brosis makna cerita di atas. Artikel ini RA khusus didedikasikan kepada salah seorang dulur blogger di Pulau Dewata sana. Tetap semangat berkarya masbro!

Baca Juga:
[display-posts tag=blog]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Contact me on:
e-mail: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
whatsapp: +628 77 1 2727 000

Advertisements

18 Comments

  1. julak sandie mah dia kalo maen photoshop suka ngayal suka aneh aneh aja samanya kaya cx rider paling demen asal tempel desain motor .. buntut motor a , body motor b , rangka motor c mereka gabungin .. sungguh terlalu mereka gak menghargai desainernya .. kalau kalian emang mengatasnamakan DESIGN .. GW TUNGGU DESIGN ORIGINAL LOE SEMUA !!

Comments are closed.