Tips Persiapan Memulai Bisnis Online

Tips Memulai Bisnis Online

Memulai bisnis Online tidaklah sulit, apalagi di masa kini dimana jaringan internet bisa diakses nyaris dimanapun, kapanpun dan dengan perangkat yang bahkan hanya sebesar genggaman tangan.

Namun, membuka bisnis online bukan sekedar menjual barang lewat website yang keren. Ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelumnya untuk membuat bisnis.

Bisnis online sama halnya dengan usaha-usaha lainnya pada intinya adalah bisnis. Penting untuk meluangkan waktu merencanakan strategi operasional, kepuasan pelanggan, dan pemasaran sebelum memposting sebuah produk untuk dijual. Cukup banyak referensi di internet tentang bagaimana cara memulai bisnis online juga bagaimana mempersiapkannya.

Saya mencoba merangkumnya ke dalam tulisan ini. Sebenarnya, tulisan ini juga untuk saya pribadi yang juga terus belajar menjalankan bisnis online dengan benar. Langsung saja, inilah beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk melakukan bisnis online.

#1 Mempersiapkan Mindset Bisnis Yang Benar

Mengatur pola pikir kita untuk membangun jualan online menjadi hal dasar. Memiliki mindset bisnis yang benar dan sikap mental yang positif, adalah penting. Untuk menumbuhkan mindset bisnis bukanlah pekerjaan instan. Diperlukan kesabaran dan ketekunan, kadang bahkan dibutuhkan pengorbanan pikiran, tenaga, dan finansial yang tidak sedikit.

Membiasakan diri berada dalam hal-hal yang tidak nyaman mungkin perlu dilakukan. Sebab, jika terbiasa dalam kondisi tersebut, kita akan punya banyak solusi dan cara untuk membuat kita keluar dari posisi itu. Membangun bisnis merupakan kondisi yang tidak nyaman, terutama di fase awal. Sehingga diharapkan dengan pembiasaan itu, kita bisa tahan banting.

Fokus dan segera melangkah kemudian diakhiri dengan eksekusi yang tuntas merupakan garis besar menumbuhkan mindset bisnis Anda. Semua itu digunakan untuk kesuksesan finansial masa depan Anda.

Tips Memulai Bisnis Online

#2 Menemukan Platform Toko Online

Membuat toko online menjadi penting. Platform toko online secara garis besar bisa dibagi 3, yaitu berbasis web, startup E-Commerce dan platform blog.  Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yuk kita bahas secara singkat satu persatu.

Platform toko online berbasis web memungkinkan kita untuk membuat website dengan cepat dan bahkan menerima pembayaran online. Silahkan dicari platform ini yang menyediakan keranjang belanja. Ini memungkinkan Anda memulai bisnis online dengan biaya rendah. Namun, kelemahannya ruang ketersediaan untuk banyak jenis barang dan volume besar

Startup E-Commerce saat ini sedang menjadi pilihan utama pebisnis online. Jika Anda tidak ingin ribet mengatur tampilan “toko online” Anda atau dengan kata lain, Anda hanya ingin fokus jualan, maka Startup E-Commerce adalah pilihan terbaik. Startup-startup tersebut menawarkan cara mudah bagi mereka yang tidak memiliki latar belakang pemrograman untuk membangun sebuah toko online dengan menggunakan template, tema, fitur, layanan, dan banyak lagi.

Platform blog bisa juga menjadi pilihan Anda memulai bisnis online. Dengan menambahkan sedikit Plugin Shopping Chart, Anda bisa sesuka hati mengatur dan mengelola konten jualan Anda. Cara ini cukup populer saat ini. Salah satu platform berbasis blog yang bisa dipilih adalah WordPress. Toko WordPress seperti yang ada di atas menggabungkan konten dan fitur penjualan yang menarik.

Tips Memulai Bisnis Online

#3 Memulai Dengan Jualan

Mindset bisnis sudah diatur dengan benar, media penjualan juga sudah disiapkan, maka selanjutnya adalah mulailah berjualan. Untuk berjualan berarti Anda harus menyiapkan produk atau barang apa yang hendak dijual. Iya dong, jualan koq tidak tahu mau jual apa, kan lucu. Nah, untuk menghindari hal lucu itu, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menemukan produk apa yang akan dijual:

  • Carilah apa yang dibutuhkan masyarakat saat itu, terutama yang ada di sekitar Anda. Di sini, Anda bisa berfungsi sebagai reseller dengan kata lain makelar. Temukan apa yang dibutuhkan masyarakat, Anda cari barangnya melalui penjual online lain, tawarkan ke masyarakat yang membutuhkan produk itu.
  • Lakukan riset produk. Carilah produk-produk yang cepat laku dan perputarannya cepat. Artinya banyak yang membutuhkan atau ada pasarnya.
  • Menentukan target pasar. Siapa yang menjadi sasaran penjualan produk Anda, bisa kategori usia, pekerjaan atau bahkan lokasi.

Dari tiga langkah di atas, inilah tahapan yang paling berat. Dengan menjual produk, suka tidak suka kita harus membuat konsep usaha, mencari ide, mencari supplier, dan bahkan mau harus belajar ilmu bisnis. Belum lagi, Anda harus mulai berinteraksi dengan calon pembeli produk Anda. Kekuatan mental sangat menentukan. Jika Anda pemalu, besar kemungkinan usaha Anda akan berakhir dengan kegagalan.

Tips Memulai Bisnis Online

#4 Saatnya Promosi

Promosi seperti menjadi separuh perjuangan Anda memulai bisnis online. Tujuannya jelas untuk memasarkan produk dengan muaranya untuk mendapatkan calon pembeli. Terkenal tidaknya toko online Anda, yang berarti juga produk-produk Anda, ditentukan di sini. Untuk menginfokan produk-produk Anda bisa dilakukan dengan berbagai cara. Terima kasih perlu kita berikan kepada mereka-mereka yang telah membuat internet bisa sebesar dan sekencang saat ini.

Secara online misalnya dengan memanfaatkan situs-situs media sosial populer seperti Facebook, Twitter atau Instagram. Whatsapp, Line atau Instagram juga bisa dimaksimalkan. Ini adalah cara tercepat untuk menyebarluaskan informasi bisnis Anda. Apalagi jika Anda mempunyai jumlah teman / follower yang sudah cukup banyak, itu akan sangat membantu.

Anda bisa juga memajang produk-produk Anda di situs forum seperti Kaskus atau di platform e-commerce semisal Shopee, Bukalapak dan sebagainya. Untuk promosi lebih advance, Anda bisa melalui mesin pencari Google, Bing atau Yahoo, tentunya dengan teknik SEO. Kata kunci yang bisa ditarik adalah sebarlah informasi produk Anda dimana-mana.

Tips Memulai Bisnis Online

#5 Manajemen Ketersediaan Produk

Tidak kalah pentingnya adalah ketersediaan stok produk jualan Anda. Kehabisan stok merupakan mimpi buruk penjual online. Untuk mengantisipasi itu, Anda harus memiliki relasi bisnis yang banyak dengan tujuan untuk mencari ketersediaan barang. Ketersediaan produk bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:

  • Memproduksi sendiri
  • Membeli dari penjual yang lebih besar secara grosir
  • Menjalin kerjasama dengan UKM untuk penyediaan produk
  • Reseller

Jangan lupa, cek secara berkala toko online Anda untuk melakukan update rutin terhadap ketersediaan produk yang dipajang. Jangan biarkan orang-orang atau calon pembeli Anda kecewa berulang kali karena menganggap produk jualan Anda masih ada, tapi ternyata habis gara-gara Anda malas atau lupa melakukan update. Untuk menjadi besar, konsistensi mutlak diperlukan.

#6 Menentukan Cara Pengiriman Produk

Setelah promosi dilakukan, calon pembeli berdatangan, pesanan mulai hadir, maka yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah menentukan cara pengiriman produk. Jasa ekspedisi atau pengiriman barang sudah berkembang pesat. Banyak pilihan jasa ekspedisi yang bisa Anda pilih. Mereka menyediakan berbagai pilihan layanan dari pengiriman kecil hingga box-box besar.

Teknologi membuat mereka juga menghadirkan aplikasi yang memperbolehkan customer untuk melacak pesanan. Pedagang maupun pembeli dapat memasukkan kode resi untuk mengetahui posisi barang secara real time. Anda juga dapat dengan mudah membandingkan tarif di antara semua operator untuk menemukan harga terendah untuk setiap pengiriman. Sebuah fitur untuk membantu konsumen lebih tenang dalam belanja online.

JNE, J&T, Pos Indonesia, SiCepat hingga Ninja Xpress merupakan beberapa contoh jasa ekspedisi barang dan jasa yang bisa Anda gunakan untuk mengirim produk-produk pesanan ke pelanggan secara cepat dan tentu saja murah. Jenis paket dengan kardus (box) atau dokumen (amplop) bukanlah masalah bagi mereka. Bisnis online dengan Ninja Xpress bisa menjadi pilihan Anda untuk membangun kerajaan bisnis Anda.

#7 Menyiapkan Sistem Pembayaran

Menjamurnya e-commerce sebagai imbas pesatnya kemajuan bisnis online ‘memaksa’ Anda untuk memilih metode pembayaran terbaik. Tidak hanya sekedar aman saja, tapi lebih jauh yang bisa memudahkan calon pembeli membayar dari rumah saja.

Ada berbagai macam cara pembayaran untuk bisnis online Anda. Pertama dengan transfer bank. Ini cara yang paling banyak dilakukan, sebab caranya mudah dan cepat. Perkembangan teknologi perbankan membuat semua menjadi mudah. Jika ada waktu luang, Anda bisa ke ATM. Namun, untuk yang sibuk, cara pembayaran dengan m-banking, online atau sms banking bisa menjadi pilihan.

Selain itu, pembayaran bisa dilakukan dengan sistem COD (Cash on Delivery). Metode COD bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik. Pasalnya metode ini akan mengarahkan pembeli dan penjual bersua langsung untuk memberikan barang yang diperjualbelikan termasuk dengan uangnya.

Bagi calon pembeli yang punya trauma dengan pembayaran online, cara ini akan menjadi favoritnya. Cara lain bisa juga dilakukan misalnya dengan Credit Card, Rekening Bersama, atau e-Currency. Silahkan Anda pilih atau semua cara bisa dipakai, pilihan ada di tangan Anda.

COD di Shopee Untuk Penjual
Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.