Something Wrong With My New Scorpio Z (Si Pio)?! Any Help Me?

Something wrong with si pio?!

Ada sesuatu yang akhir-akhir ini menganggu pikiran saya, tentang si pio. Terasa ada something yang terjadi dengan tunggangan sehari-hari, terutama setelah melakukan penggantian oli yang tidak seperti biasanya. Berikut akan coba saya sampaikan beberapa alasan yang membuat feeling saya tentang si pio kurang baik,

Pertama, akhir-akhir ini, saya merasa suara mesin si pio lebih kasar dari sebelumnya. Suara gesekan di dalam mesin (seperti gesekan antar logam) terdengar lebih keras dan cempreng, apalagi jika dibawa dalam rpm tinggi. Padahal biasanya tidak sekeras dan secempreng itu suaranya.

Kedua, mesin lebih sering mati sendiri. Hal ini terjadi beberapa kali (walau tidak sering, namun intensitasnya mulai mengkhawatirkan), ketika melakukan pemanasan mesin di pagi hari dan sempat pula terjadi ketika dalam posisi idle di lampu merah. Hal tersebut terjadi ketika mesin idle dan hendak mlintir gas, tiba-tiba mati.

Ketiga, muncul suara “klitik-klitik” halus (butuh konsentrasi untuk mendengarnya) di bagian dalam mesin ketika jalan dan posisi kopling ditekan. Biasanya tidak ada suara-suara aneh begitu. Apakah sudah terjadi gejala detonasi?

Keempat, untuk menghidupkan mesin dengan electric starter butuh paling tidak dua kali pencet biar mesin mau hidup. Jika cuma sekali mesin tidak akan hidup. Dan suara mesin yang distarter cempreng.

Nah, berhubung saya benar-benar awam soal mesin atau teknis motor, saya butuh share and advice dari masbro yang sudah mengerti mesin motor atau yang sama pengalaman dengan yang saya alami. Saya merasa ada “sesuatu” yang sedang terjadi di dalam mesin si pio, sesuatu yang nampaknya kurang bagus.

Oh iya, ketiga alasan pertama di atas terjadi setelah saya minumkan si pio oli merk *** dengan viskositas 10w-30 (semoga kesalahan saya ini tidak fatal *pray angkat tangan*). Apakah terlalu encer sehingga penguapan oli lebih cepat, karena sebelumnya dengan merk oli yang sama namun dengan viskositas 10w-40, si pio baik-baik saja. Kilometer pemakaian oli sekarang baru 1070 km, biasanya saya ganti oli setelah 2000 km sedangkan km total 14.700-an km

Rencana memang akan membawa si pio ke beres untuk “medical check up” namun sebelumnya, saya ingin mendengar saran dan masukan dari masbro sekalian, sebagai bekal informasi diskusi dengan si mekanik nantinya.

Terima kasih saran dan masukannya nanti.

Advertisements

80 Comments

  1. Suara kasarnya bisa gara2 rantai mesin yang kendor..coba di cek tensionernya dulu masbro..sedangkan yang klitik2 halus kemungkinan di setelan klep yang sudah agak renggang..tapi bisa juga gara2 pemakaian oli yang terlalu encer,karena oli yang terlalu encer tidak bisa meredam hentakan dan juga suara dengan baik,yang perlu kita ketahui adalah mesin pio bukan termasuk mesin modern yang merekomendasikan oli encer..cukup pakai sesuai kriteria di buku manualnya aja 20w-50 atau paling encer bisa 15w-40..dari pengalaman saya dulu pemakaian yamalube sport(botol hitam)aja udah bikin suara yang berlebihan.
    Btw coba di cek ketinggian olmesnya di kaca pengintipnya apakah berkurang drastis atau ngga.

    • ooo…oke, ntar tak cari waktu luang buat ke sampeyan…
      btw, seberapa batas ideal oli di kaca pengintip mas? soalnya masih terlihat penuh

    • setuju sama mas Iwan…
      soal mesin mati waktu digas, ada kemungkinan setelan karburator yg kurang pas.
      coba dicek warna elektroda businya. Kalo berwarna putih pucat berarti terlalu irit. tapi kalo berwarna hitam pekat tandanya terlalu boros.
      yg ideal berwarna agak coklat..
      IMHO

  2. pake oli BM1 ya… hihih….. kalo benar.. Pioku dulu juga gitu… trus ganti pake pertamina enduro 4t racing.. lebih maknyus.. Cintai Produk Dalam Negri.. 🙂

      • ga tau dulu begitu ganti BM1 mesin jadi agak kasar awalnya sih enak2x aja tapi setelah 800Km an mesin jadi agak kasar, cepet panas. untuk masalah mesin tiba2x mati coba cek setelan karburator…mungkin setinganya langsam belum pas. coba panteng di RPM 4000 bisa stabil ga RPM nya.kalo ga stabil ya mungkin setelan langsam kurang pas.
        cek warna kepala busi bila warnanya hitam kering atau berjelaga pertanda pembakaran tidak sempurna. Campuran pembakaran terlalu gemuk atau kaya
        Ada dua penyebab. Bisa disebabkan settingan bensin di karburator dan kerenggangan klep tidak tepat atau pengapian yang bermasalah.
        Warna Kecoklatan = pembakaran sempurna
        Warna Putih = terlalu kering atau terlalu irit, Kalau terlalu irit warna busi jadi putih dan mesin akan cenderung lebih panas.

      • Kalo suara klitik2x halus mungkin dari rantai ketengnya dah kendur.. coba deh bawa ke bengkel untuk pengecekan ulang bicarakan keluhan2x tersebut.

  3. coba sharing pengalaman jg ya mas bro berhub penunggan new pio jg. klo no 1 & 3 ane blom bisa ngerasain suara-suara aneh. no 2 ane bbrp kali perna alamin terutama stlh lampu merah, digas agak cepat kadang suka mati mesin dan lg panasin mesin pagi hari juga begitu tp ane setel putaran standar stasioner nya lbh tinggi biar gak mati. nah klo no 4 pio ane distarter kadang distarter / diengkol 2-3x baru nyala di pagi hari.
    ane jg pake oli 10w-30 idemitsu.ane jg merasa sejak pake oli yg lebih encer suara mesin agak nyaring dibanding oli standar. mungkin lbh baik diganti yg 10w-40 saja

  4. wah dari review anda memang mengkhawatirkan… Saran saya lebih baik servis besar sekalian cek kondisi ruang bakar, sempurna atau tidak pembakarannya krna ada keterkaitan dgn yg bro alami. Setingan trlalu kering berakibat mesin cpt panas + oli encer klop dah.. Stelan klep jg brpengaruh. Mengenai oli lebih baik ikuti rekomendasi pabrikan, merk trserah yg penting API trkini SAE ikuti manual book.
    Demikianlah analisa dangkal saya moga berkenan.

  5. coba ganti oli dulu pake yamalube, mudah2an ca krn oli aja. sejelek2nya oli ga bakalan ngerusak mesin secepat itu selama oli tsb bukan oli palsu

  6. wahhh..kok pake 10w-30 masbro.. itu cocok utk hawa dingin, kalo utk indonesia yg mayoritas panas, baiknya pake yang belakangnya minimal 40, kalo bisa 50, krn angka dibelakang menunjukkan angka kekentalan/keenceran yg masih bisa diterima dalam suhu tinggi, ane sinyalir itu karena kepanasan mesinnya..

    catatan :
    angka yg didepan yg pake “w” menyatakan iklim suhu dingin (winter), olie yg tidak sesuai, pada suhu dingin akan mengental seperti mentega, utk itu butuh angka di depan yang makin rendah..
    angka dibelakang utk iklim panas, semakin tinggi angkanya semakin cocok dgn udara yg iklimnya panas..
    semoga ane yg nubi bisa membantu..

  7. Olinya 10-30w terlalu encer..
    Mesin pio sebenernya generasi mesin th 90an, dimana rancang bangun kerapatan jeroan mesinya sebenarnya sesuai dgn oli 20-50w

  8. sy juga make pio tiap hr jarak tempuh 120 km. dulu sy jg punya masalah kaya gitu begitu sy terapin saran di rubrik motorplus jd ga ada masalah tuh dan top speed bisa tembus 140 km/jam. sarannya ganti busi pake iridium, oli mesin pake motul 5100 isi 1250 ml trus pake pertamax. tp aku ga pake pertamax, tetap premium. semoga membantu.

    • wah…busi racing tuh, saya ga berani pake gituan masbro, selain mahal juga mubadzir buat saya sehari-hari, lha wong jarak tempuh cuma 20-30km/hari hehehee….tp oli motul belum pernh tuh, pengen sih nyoba. Nice share mas

  9. mas karis harga businya cuma Rp 35rb klo di palu sulawesi tengah, di jawa pasti lbh murah. yg penting pengapiannya bagus. sekali tekan elektrik starternya lsg hidup. ko dulu wktu msh pake busi standar tiap mau hidupin pagi pasti 3-4 kali tekan tombol br hidup. klo skrg cukup sekali tekan. sy udah pake busi ini sekitar 5 bulan dan blm ganti. btw sy pake pio putih mei 2011 dan klo di bolehkan sy akan kirimkan foto motor sy. makasih senang bs berbagi.

  10. Bro, baru2 ini gue baru siap service sipio ke dealer resmi, oli yang d pake yamalube sae20w40, namun gak muncul d jendela pengintip olinya, apa penyebabnya bro? Ngaruh gak ke mesin?

    • gak muncul? beneran? atau jangan2 dah penuh jadi ga keliatan garis batas olinya. Coba aja dicek pake lidi atau sesuatu yang dimasukkan ke lubang blok olinya..

  11. bro karis saya mau tnya ttg masalah yg pertama (Suara gesekan di dalam mesin (seperti gesekan antar logam) terdengar lebih keras dan cempreng, apalagi jika dibawa dalam rpm tinggi)
    solusinya gmana bro? mtor ane jga bunyi2 klo dbwa rpm tinggi..
    mhon bntuannya bro hehe

    • Pake olinya yg SAE brp bro? Saran saya pake yg sesuai spek pabrikan, makin encer mesin akan makin keras bunyi gesekannya. 10w-40 tentu lebih encer dr 20w-40. Cmiiw

      • mkasih infonya bro hehe
        saya pakai oli dari pabrikan kok bro, ganti olinya jga di dealer, tpi udh “agak” lama blum ada ganti oli hehe
        atau pnyebab bunyinya krena faktor ganti AR bro?

        • usahakan maks. 2000km untk ganti oli bro. Btw, AR kayaknya tdk se ekstrim itu bikin mesin bunyi kasar. Atau kecuali emang AR nya yg bunyi kurang gemuknya

        • Spek standarnya 20w-50 tp dg 20w-40 udah oke sbenarnya. 3 btl @800 ml dijadikan 2x pakai, jd skali pake 1200 ml atau 1,5 botol. Pake oli jgn kurang atau lbh dr takaran yg dianjurkan, masbro

  12. suara kasar setelah ganti oli sudah pasti karena olinya gak sesuai, ane pernah alami gan, biasa pake yamalube trus ane ganti pake top1 eh…. larinya berat, koplingnya agak selip, putarannya cenderung tinggi untuk kecepatan yg sama, efeknya mesin overheat dan sering mati sendiri.
    saran ane, ganti denagn oli semula, kuras sampai benar benar bersih klo perlu pake engine flush baru deh isi dg oli semula pasti ane jamin langsung sembuh tuh pionya…
    saran ane jgan lg gonta ganti merk oli, itu sama halnya klo di komputer gonta ganti antivirus akibatnya saling memakan satu samalain, setialah pada satu merk saja.

  13. saya punya pengalaman seperti anda. sebelum saya mudik ke surabaya dengan new pio..bunyi mesin tidak terbunyi klitik..klitik..klitik. setelah saya pulang mudik dari surabaya.
    di blok mesin tempat busi bunyi klitik..klitik..klitik. saya sudah tanyakan ke teknisi yamaha dealer. tidak ada pengaruh KLEP karena kalau di rapatkan motor gak ada tenaga dan tarikan. oleh karena itu sengaja agak longgar.

    ada masalah lain bro? kasih masukannya yah..

    • Bro, mau nanya juga sekalian. Motor ane pio 2006. Belom pernah bongkar mesin.

      Nah sampe 2012 kemaren, baru turun mesin deh soalnya knalpot udh ngebul. Ganti ring piston sama sil klep. Nah, masalahnya kok setelah lewat 2 bulan oli rembes dari sela2 head? Padahal paking nya baru. Oli ngerembes jg di sela2 busi. Lari motor juga jadi lebih ngeden dari biasanya. Minta solusinya bro. Part apa nya yg harus dibenerin. Ane cape udh banyak keluar duit tapi masih ga enak jg motor.

      • Pio saya msh blm AHO masbro, jd mmg msh ada saklar ON/OF nya. Pio terbaru sudah AHO jd lampu utama akan hdp terus. Demi keselamatan bersama, tidak usah dirubah lg masbro menjadi non AHO

  14. Numpang konsul mas bro
    sya punya pio tahun 2006 pada saat bulan ramadhan kemarin (juli 2012) motor sya pada saat digas posisi motor diam ada suara cempreng didekt knalpot, trus ga lama kemudian sya bwa kebengkel di cekdan katanya noken as sma pelatuknya kena lalu diganti, dan setelah itu masalah lain muncul lagi yaitu ketika motor dibwa melaju kencang dengnan rpm tinggi seperti ada suara cempreng lagi nmun posisisnya seperti diblok mesin, Oh iya sya menggunakan oli jnis enduro yg 20w-50w, mohon komntarnya ya mas bro….

  15. numpang konsul mas bro,ane punya scorpio taon 2010 tapi kl jalan di mesin tuh seperti ada suara tangisan,trus kl di kopling suaranya hilang tapi pas lepas kopling saat jalan suaranya muncul lagi seperti suara tangisan gitu,trus mesin kasar banget kl mesin udah panas……..gimana tuh mas bro,share infonya dong

    • Tangisan gmana bro? Apakah spt suara “siingg” gtu? Kalo menurut saya itu normal. Untk mesin panas, scorpio mmg lbh panas dr yg lain. Salah satu caranya dg pake oli yg bagus

      • Maaf sekedar saran
        Penyakit pio yg dialami mas Arif sama dengan dengan saya pio th 2006 saat mesin hidup terdengar kasar trus waktu di kopling suara hilang…
        Dulu saya pernah ganti karet bantalan kanfas kopling dengan merek biasa lalu suara itu hilang… Tp ga lama selang waktu 3 bulan sudah bunyi lagi karena sy pake merek biasa harga cuma 25rb.
        Klo mau ganti yang asli harus satu set dengan rumah kanfas koplingnya dan pasti harganya sangat mahal…

        Menurut sy suara itu tidak menjadi masalah untuk mesin hanya pengaruh ke suara kasar aja…
        Sudah 1th mtr saya besuara seperti itu tp tdk ada masalah.

  16. Mas bro saya mau konsul dong, pio saya tahun 2008 bermasalah sama koplingnya, setelan kopling selalu berubah, kampas kopling udah 3 x ganti dalam 2 bln, kenapa ya mas bro? Tolong di bantu ya..

  17. assalamualaikum
    maz2 brow mohon bantuan.sya punya pio thn 2006,tarikan si masih ok,tapi suara brisik klitik.tik.tik.tik. .keras bnget. .di bagian klep. .dah tak bwa bengkel distel ga bisa mz..stel span/kenceng. .masih tetep bunyi. . .mohon pentujuknya gmana atasi masalah ini.? Trim

  18. mas bro,pio q th 09,q msh aj bingung ttg takaran oli,bnyak yg blg takaran oli 1200ml itu hanya utk pengisian awal selanjutnya 1000ml aj,tp bnyak jg yg blg kalo takaran oli pio itu tetap 1200ml..
    kmaren q cb isi pke shell helix hx5 15w50 q isi 1L enak aja tarikannya,tp stelah q isi dg takaran 1200ml dg oli jenis yg sama mlah berat tarikannya,,
    trs kata org lg,shell helix itu utk mobil,benar ga y??
    mohon pencerahannya.

    • setahu saya oli si pio itu untuk penggantian berkala ya 1200 ml, kalau service besar baru 1400 ml. Untuk Shell Helik itu kalau tidak salah untuk mobil, yang untuk motor itu Shell rimula. Sebaiknya sih pakai oli motor yg khusus motor bro, jangan pakai yg untuk mobil terlalu banyak perbedaannya. IMHO

  19. hay teman2 smua penunggan Pio , ni ku mau ikut tanya, pio ku pengin ganti oli Repsol super 20W-50 tapi saya kok takut kalo oli cepat berkurang/cepat habis.
    bagaimana solusinya ya? lebih baik saya pake oli yang merk apa? yang bikin gak khawatir.
    tolong bagi info ya …
    mkasiih…. ^-^

    • 20W-50 adlh spek oli standar si pio, artinya memang itu SAE yang paling bagus buat si pio. Nah, ga usah ragu untk pakenya, merk apapun boleh jd ga tlalu masalah asal spek olinya ya sgtu

  20. mas bro…. ada masalah sama pio saya, tadi saya menyetel klep, tapi setelah itu motor saya jadi berat n g bertenaga, kira2 apa y masalah nya….?????

  21. Ni aq jg punya keluh kesah nih mas brow…..aq punya pio taun 2013 mlhn….motor baru 4 bln ane pake…kok suarane kaya mesin mau pecah….brisik banget…kaya klok…klok….tek..tek…tek…suarany….ane bawa ke bengkel resmi malah kata mekaniknya ga pa2 dah biasa CC besar mesti kasar gt….ane sempat marah….padahal aq percaya ma mekanik bengkel resmi itu tp jawabane kaya gt pdahal saya tertip serfis rutin oli jg standart….dri pada ane pusing ane bawa ke bengkel umum punya saudara sendiri….saya suruh bongkar…lalalalaala kok piston,pin piston,bos klep udah ngoplak ga karuan….piston ma pinny kaya barang bekas di pasang…trus house kopling kocak ga karuan….ap penyebabny ya..???

  22. ho oh suaranya Nge “tik”…. bu nyi tik tik tik tik……. bikin ga PD klo mau nge Gas kencaaangg…… 🙁

  23. setelah saya baca2,semua penyakit secorpio msh wajar2 saja kyak bunyi ngelitik dan bunyi gara2 karet house kopling dak dak dak dak.kl bunyi yg kyak menangis itu gara2 ger house copling dgn pasanganya yg kecil di dpanya itu kurang rapat aja tpi gak jadi soal tpi kl di biarkan cma akan tambah keras saja bunyinya tpi prosesnya lama kok.kl masalah oli sampai masuk ke pembakaran itu karna ada kompresi bocor kl gak parah cma ganti ring piston aja.dan kl parah terpaksa di kolterkan hehehehehehe yaitu ganti seher dll.kelemahan secorpio itu ada di pir klep yg terlalu keras dan bahan klep yg kurang bagus gampang kalah ujung batang klepnya kenak patukan temlar.jadi tambah lama suara makin bising tik2 tik kl jarang servis.usahakan sering2 di stel klep atau ujung klepnya di panasi di pandai besi biar agak kuat.kl banyak uang bisa ganti klep cma 150rbu 2 buah in dan out. kuncinya kl pnya secorpio sering2 kontrol kl udah mulai kasar.maaf jika ada yg salah tpi begitulah pengalaman yang ketahui tentang motor. 🙂 semoga membantu mas mas sekalian

  24. pengalaman say a juga smua hampir sma dgn smua mas bro yg disini….saya pnya 4 pio tahun 2012 warna merah….belakangan ni msalahnya suara mesin aa mcam suara klitik…klitik gitu,,,tp itu kedengaran klo udah naik gas…saya mohon petunjuknya mas bro,,,krn saya juga udah bawa ke dealer resmi yamaha,ktnya itu g masalah,,,,selama ni saya pake oli yamalube mas bro….ada juga teman yg usulkan pake oli namanya X7….mohon share nya mas bro,,,baiknya pake oli apa dan gmn cara ilangin suara klitik…klitik itu,,,krn saya juga udah ganti taimeng sebelumnya….tks mas bro….

    • Klitik2 itu salah satunya akibat jangka panjang dari pemakaian premium bro, jadi sebaiknya pertamax atau minimal campuran pertamax dan premium. Kalau oli, pas pake yamalube sipio saya juga gitu, skrg ganti pake pertamina enduro 4T biasa (bukan yang racing) dan sejauh ini aman2 saja bro. Coba saja

    • Klitik2 itu salah satu penyebabnya adalah pemakaian premium terus menerus, sebaiknya pertamax atau campuran. Dulu sipio saya pake oli yamalube juga hasilnya ya gitu. Skrg ganti pertamina enduro 4T biasa bukan yg racing. Hasilnya alhamdulillah aman bro

  25. mas brow mau tanya kalau mesin kasar ,kayaknya stelan klep udah renggang mau aku ganti .sama mau ganti otomatis kamprat sekitar berapa ya? pioku udah milai gak enak

  26. wah ane juga mau berbagi pengalaman gan , ane tdinya pake oli sae 20 w 40 , trus ane ganti ke 10 w 30 buat pio ane , alhasil fatal banget gan , keteng ane kena tandanya timbul bunyi ngelitik keras , trus rumah kopling ane juga kena , pas dibongkr juga kampas koplingnya kendor semua , bahaya gan salah pilih oli , hati2 ..

      • ass….maf minta info motor butut thundher saya aneh kopling kalau dipake jarak jauh kendor trus disetel kenceng kendor lagi sampe setelannya abis dicek kabel bagud semuanya kenceng bagian bawah pengait yg ke mesin berubah kenapa ya tolong infonya

  27. gan. mau tanya. pio ane kok posisi gigi masuk tak kopling full kok tiba2 rpmnya naik sendiri gan. seolah olah kaya di gas gitu gan

    mohon solusinya gan

    • kalo ga salah tali kopling nya gan di setting lg, kadang agak loss atau gimana, hati2 bisa efek ke rumah kopling jd gampang rusak, ke bengkel aja setting koplingnya

    • kalo ga salah per koplingnya udah aus, tp diliat lg pake oli nya udah bener belom, kalo udah bener olinya, berarti per kopling nya udah agak aus karena suka terlalu kepanasan kena panas mesin

  28. Agan mhn bantuan utk pio saya Blok seher bocor terus padahal sdh berapa kali ganti paking tapi tetap bocor dan rembes juga.pakai lem gasket yg paling bagus juga masih tetap oli rembes juga.mungkin agan2 bisa bagi pengalaman.terima kasih.

  29. Just share : ane dlu jga pernah gnti oli 10w-30 mreknya idemitsu (wktu itu 10w-40 ny hbis) bwt mx old ane, alsahil motor ane top speed cuma 100 kmh, motor jdi gk ada trikanny suara mesin jdi agk kasar, bru 2 hari langsung ane gnti dah pake motul 5100 10w-40, lesson learn nya : 10w-30 gk cocok bwt motor yamaha (kecuali matic) paling cocok 10w-40, IMHO.

      • Bro.mau nanya nih.scorpio sy knp cpt skli panas mesinnya.trus kadang ada suara meletus dri daerah karbunya.dan klo suara itu ada kadang motor sy lngsung mati.suara mltus itu ada klo lg main gas aluas dobel2 gas.mhon solusinya gang.

        • Olinya pake yg kental bro, sesuai spek pabrikan 20w-50. Kalau di bawah itu mesti cepat panas. Soal mletup, coba disetel ulang masukan bahan bakar dan udara. Itu kebanyakan udaranya dibanding bbm

  30. Bro.mau nanya nih.scorpio sy knp cpt skli panas mesinnya.trus kadang ada suara meletus dri daerah karbunya.dan klo suara itu ada kadang motor sy lngsung mati.suara mltus itu ada klo lg main gas aluas dobel2 gas.mhon solusinya gang.

1 Trackback / Pingback

  1. New Scorpio Z Kembali Ke Yamalube SAE 20w-40 « karis mauyy

Comments are closed.